Remaja Jadi Pelaku Insiden Penembakan di Sekolah di Iowa, Amerika Serikat

Remaja Jadi Pelaku Insiden Penembakan di Sekolah di Iowa, Amerika Serikat

Sejak awal 2023 hingga Minggu (23/7), Gun Violence Archive mencatat 404 penembakan massal terjadi di Amerika Serikat, yang menewaskan sedikitnya 453 orang.--Xinhua via Antara

RADAR JABAR - Seorang pemuda berumur 17 tahun melakukan penembakan yang mengakibatkan kematian seorang murid kelas 6 dan melukai lima orang lain di sebuah sekolah di Iowa, AS. Hal tersebut diketahui berdasarkan informasi yang diberikan oleh otoritas keamanan pada hari Kamis (4/1) waktu setempat.

Insiden penembakan tersebut berlangsung pada pukul 7.37 pagi waktu setempat (20.37 WIB) di Perry High School, yang terletak sekitar 64 kilometer ke arah barat laut dari Des Moines di County Dallas. Diketahui bahwa pelaku yang dikenal sebagai Dylan Buttler, merupakan salah satu siswa di sekolah itu.

Buttler melakukan penembakan menggunakan senjata shotgun dan sebuah pistol kaliber kecil, sebagaimana dijelaskan oleh Asisten Direktur Investigasi Kriminal Divisi Iowa, Mitch Mortvedt, dalam sebuah konferensi pers.

BACA JUGA:Menlu AS Lakukan Kunjungan Keempat Kalinya ke Timur Tengah

Mortvedt menyatakan bahwa Buttler "mengunggah sejumlah postingan di media sosial sekitar waktu kejadian penembakan" dan bahwa pihak berwenang sedang mengamankan bukti-bukti tersebut.

"Dari semua bukti yang ada, tampaknya Buttler bertindak sendiri," ujarnya.

Korban yang terluka termasuk empat pelajar dan satu staf sekolah, yang saat ini sedang dirawat di berbagai rumah sakit.

BACA JUGA:Setelah Punya Banyak Cadangan Minyak, Arab Saudi Temukan Tambang Emas di Mekah

Presiden AS Joe Biden telah mendapat laporan mengenai penembakan tragis tersebut, seperti diungkapkan oleh juru bicara Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, dalam konferensi pers.

"Kami berbelasungkawa atas kehilangan keluarga korban karena tindakan kekerasan bersenjata yang tak termaafkan ini. Kita tidak boleh membiarkan tragedi seperti ini berulang," tutupnya.*

Sumber: antara