Daftar Kecelakaan Kereta Api Indonesia (KAI) di Tahun 2023

Daftar Kecelakaan Kereta Api Indonesia (KAI) di Tahun 2023

Daftar Kecelakaan Kereta Api Indonesia (KAI) di Tahun 2023-Daftar Kecelakaan Kereta Api Indonesia-Freepik

RADAR JABAR - Kecelakaan kereta api, atau yang dikenal sebagai Peristiwa Luar Biasa Hebat (PLH), merupakan suatu kejadian tabrakan, anjlok, terguling, atau terbakar antar kereta api. Di sisi lain, Peristiwa Luar Biasa (PL) mencakup gangguan sarana, prasarana, cuaca buruk, atau benturan dengan transportasi lain.

Indonesia telah menjadi saksi sejumlah kecelakaan kereta api dengan varian korban meninggal dan luka yang bervariasi. Penyebabnya melibatkan berbagai faktor, mulai dari kelalaian manusia, perlintasan kereta yang tidak lengkap, hingga perawatan kereta yang kurang baik, seperti masalah rem yang tidak berfungsi dengan baik.

 

Daftar Kecelakaan Kereta Api di Indonesia Tahun 2023:

 

1.    KA Turangga (KA 80) tujuan Stasiun Surabaya Gubeng

Pada 30 Maret 2023, KA Turangga menabrak truk pakan ternak di Jombang, Jawa Timur. Kecelakaan disebabkan oleh truk yang mogok di perlintasan, merusak lokomotif CC 206 13 99 BD. Tidak ada korban jiwa, namun lalu lintas kereta api mengalami gangguan.

 

2.    Kereta api Jayabaya relasi Pasar Senen – Malang

Pada 18 April 2023, Kereta api Jayabaya menabrak sedan di Lamongan, Jawa Timur, menewaskan 2 orang. Keterlambatan signifikan terjadi di koridor Semarang–Surabaya.

 

BACA JUGA:KAI Minta Maaf kepada Konsumen Terkait Insiden Kereta Api di Bandung

 

3.    Insiden Mobil Masuk Rel Kereta Sumpiuh–Tambak

Pada 19 April 2023, sebuah mobil masuk ke jalur rel antara Sumpiuh–Tambak. Sopir positif narkoba, dan kejadian ini memengaruhi jadwal kereta api di koridor Kroya–Kutoarjo.

Sumber: