Apple iOS 17.3 Beta, untuk iPhone Kamu Semakin Aman Dari Pencurian

Apple iOS 17.3 Beta, untuk iPhone Kamu Semakin Aman Dari Pencurian

Apple iOS 17.3 Beta, untuk iPhone Kamu Semakin Aman Dari Pencurian-Apple iOS 17.3 Beta-Freepik

RADAR JABAR - Pada hari ini tanggal 12 Desember 2023, Apple mengawali peluncuran versi beta iOS 17.3, hanya satu hari setelah versi stabil iOS 17.2 tersedia untuk model iPhone yang memenuhi persyaratan.

Fitur terbaru yang disebut "Stolen Device Protection" dirancang khusus untuk mengatasi risiko akses oleh pencuri terhadap informasi pengguna, bahkan jika pelaku mengetahui kata sandi iPhone target.

Dalam versi beta terbaru ini, Apple sedang menguji fitur keamanan inovatif dengan tujuan membuat sulit bagi pencuri untuk mendapatkan akses ke akun pribadi pengguna melalui perangkat yang dicuri.

Fitur utama yang sedang diuji adalah Perlindungan Perangkat Tercuri, yang juga dikenal sebagai Stolen Device Protection. Para penguji dapat menggunakan autentikasi biometrik, seperti Touch ID atau Face ID, untuk melakukan perubahan terkait akun di iPhone mereka.

Fitur ini memungkinkan penguji untuk mencoba autentikasi biometrik saat menonaktifkan Mode Hilang atau mengakses informasi pribadi seperti kata sandi iCloud Keychain.

 

BACA JUGA:Rilis? Apple Watch Series 9 Red Bentuk Dukungan Program Penanganan HIV/AIDS, Simak Spesifikasi dan Harganya

 

Dengan kehadiran "Stolen Device Protection," Apple berusaha menutup celah keamanan tersebut. Fitur ini tidak lagi memungkinkan pencuri menggunakan kode sandi korban setelah Face ID gagal, melainkan mewajibkan wajah pemilik perangkat untuk melanjutkan proses akses.

Sebagai informasi tambahan, MacRumors melaporkan bahwa pengguna harus mengaktifkan Stolen Device Protection secara manual, karena fitur ini tidak diaktifkan secara otomatis.

Ketika diaktifkan, fitur ini akan meminta Face ID untuk melihat atau menggunakan kata sandi yang tersimpan, untuk mengajukan atau melihat Apple Card, mematikan Mode Hilang, mengakses Apple Cash dan tabungan, menggunakan metode pembayaran yang tersimpan di Safari, mengatur perangkat baru menggunakan iPhone yang dicuri, atau mereset pabrik perangkat.

Dalam upaya mencegah pencuri mendapatkan akses dengan mempelajari kode sandi dan mencuri perangkat, Apple menerapkan aturan baru. Jika perangkat iPhone tidak berada di tangan pemiliknya, pencuri atau pihak yang mencoba menonaktifkan fitur-fitur keamanan penting lainnya harus menunggu satu jam sebelum mendapatkan akses ke pengaturan tersebut.

Selain fitur keamanan anti-pencurian, pembaruan iOS 17.3 beta juga menambahkan dukungan untuk fitur Daftar Putar Kolaboratif di Apple Music, yang diumumkan pada awal tahun 2023.

Meskipun fitur ini telah diuji dalam versi beta sebelumnya, kehadirannya pada rilis stabil iOS 17.3 masih menjadi pertanyaan. Penting dicatat bahwa pengguna iOS yang tidak terlibat dalam program rilis beta harus bersabar hingga awal tahun 2024 untuk mencicipi semua fitur baru yang diperkenalkan oleh iOS 17.3.

Sumber: