6 Cara Memilih Aplikasi Kredit HP Aman dan Terpercaya

6 Cara Memilih Aplikasi Kredit HP Aman dan Terpercaya

Cara Memilih Aplikasi Kredit HP Aman--(Sumber Gambar : Istimewa)

Radar Jabar - Keinginan untuk memiliki hp baru dengan teknologi canggih tidak akan menjadi masalah lagi meski Anda memiliki dana terbatas. Kini banyak tersedia aplikasi kredit hp online yang menawarkan cicilan hp tanpa DP, tanpa survey bahkan tanpa kartu kredit.

Jika Anda menggunakan aplikasi kredit hp, semua proses bisa dilakukan secara online tanpa harus keluar rumah. Cukup melakukan instal aplikasi kredit hp di Google Play atau App Store, kemudian mengikuti petunjuknya.

HP Anda akan dikirim ke rumah Anda setelah proses pengajuan mendapatkan persetujuan. Lalu, bagaimana caranya memilih aplikasi kredit hp yang aman dan terpercaya? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Memilih Aplikasi Kredit HP yang Aman dan Terpercaya

Walaupun tersedia banyak aplikasi kredit hp, sebaiknya Anda lebih selektif dan memastikan aman untuk digunakan. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan melakukan cicilan hp, seperti : syarat, uang muka, limit, tenor, bunga, biaya administrasi, metode pembayaran serta keamanan dalam menggunakan aplikasi. Anda bisa menyimak beberapa poin berikut ini dalam memilih aplikasi kredit hp yang aman dan terpercaya, yaitu :

1.Syarat yang Mudah

Umumnya, aplikasi kredit hp menerapkan syarat pada kreditur yang harus memiliki kartu kredit atau gaji diatas Rp 3 juta rupiah.

 

Namun, ada pula aplikasi kredit yang menerapkan syarat yang mudah untuk diikuti kreditur tanpa harus memiliki kartu kredit atau slip gaji.

 

2.Pertimbangkan Limit dan Uang Mukanya

 

Limit dan uang muka menjadi hal yang penting untuk Anda perhatikan jika tidak ingin cicilan hp menimbulkan masalah keuangan di kemudian hari. Jika aplikasi kredit hp menetapkan limit sebesar Rp 10 juta, sebaiknya Anda tidak membeli hp melebihi limit tersebut.

 

Ada pula aplikasi yang tidak menerapkan limit, sehingga Anda bisa leluasa memilih hp.

Biasanya aplikasi kredit hp menetapkan uang muka atau down payment (DP) pembelian hp sebesar 10% sampai 30% dari harga hp.

 

Namun, ada pula aplikasi kredit hp yang menawarkan fasilitas tanpa uang muka dengan lebih banyak syarat yang harus dipenuhi kreditur.

 

3.Pilih Tenor Sesuai Kemampuan Bayar

 

Penting sekali memilih tenor sesuai dengan kemampuan bayar Anda. Semakin lama tenornya, maka semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan.

 

Bahkan di luar harga hp jika ditotal secara keseluruhan. Namun, ada pula aplikasi yang menawarkan bunga cicilan 0% dengan tenor sampai 24 bulan.

 

4.Mempertimbangkan Bunga dan Biaya-biaya Lainnya

 

Besaran bunga yang ditetapkan aplikasi kredit hp sangat bervariasi, mulai dari 2% hingga 3,5% per bulan.

 

Selain itu, ada pula biaya administrasi dan biaya layanan atau provisi. Anda harus memastikan besaran bunga dan biaya-biaya lainnya sebelum memilih aplikasi kredit hp untuk memperhitungkan besaran dana yang akan Anda keluarkan per bulan.

 

5.Periksa Kemudahan Pembayaran Angsuran

 

Lebih baik, Anda memilih aplikasi dengan pembayaran angsuran yang mudah dan beragam. Anda bisa menggunakan layanan transfer bank, e-wallet atau metode pembayaran mobile banking atau internet banking sehingga lebih mudah dan praktis.

 

6.Memastikan Aplikasi Kredit HP Aman dan Terpercaya

 

Untuk menjamin keamanan aplikasi kredit hp yang akan digunakan, Anda bisa melakukan pengecekan melalui laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Lembaga yang mengatur.

 

Anda perlu memastikan perusahaan aplikasi kredit hp telah terdaftar serta berada dibawah pengawasan OJK. Anda bisa pula mengecek keamanan aplikasi kredit hp dengan membaca review yang ada di Google Play atau Play Store.

Beberapa cara di atas memang sangat detail, namun perlu dilakukan untuk memastikan aplikasi kredit hp yang Anda pilih cukup aman.

Untuk mendapatkan berbagai layanan dalam kredit hp tersebut, Anda bisa memilih Blibli sebagai aplikasi kredit hp terpercaya.

Blibli menawarkan program Bebas Biaya Cicilan 0% hingga 24 bulan untuk berbagai produk hp pilihan Anda.

Namun, setiap bank akan menawarkan pilihan tenor yang berbeda. Anda bisa memilihnya sesuai besaran dana yang dicadangkan setiap bulannya.

Tidak hanya akan mendapatkan biaya bebas cicilan hp, Anda juga dapat menggunakan layanan bebas biaya layanan kartu kredit.

Selain mendapatkan bebas biaya layanan, Anda juga dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit yang berlogo Visa. MasterCard, JCB dan AMEX yang diterbitkan di Indonesia.

Cukup dengan melengkapi syarat-syarat yang telah ditentukan Blibli, Anda bisa mendapatkan hp impian dengan cara mudah, aman dan terpercaya. Dapatkan hp impian Anda sekarang juga dengan membelinya hanya di Blibli!

Sumber: