5 Tipe Teman yang Harus Kita Hindari Agar Masa Depan Terselamatkan

5 Tipe Teman yang Harus Kita Hindari Agar Masa Depan Terselamatkan

Beberapa Tipe Teman yang Harus Kita Hindari-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR - Mau jadi apa kita 5 tahun ke depan? Itu ditentukan oleh dua hal, yaitu buku apa yang kita baca dan dengan siapa kita bergaul. Ada 5 tipe teman yang harus dihindari dalam pergaulan agar masa depanmu terselamatkan.

Kalau zaman sekarang ini ada 3, buku apa yang kita baca, dengan siapa kita bergaul, dan siapa yang kita subscribe atau kita follow. Itu yang akan menentukan 5 tahun ke depan kita itu jadi seperti apa.

Banyak sekali pakar motivasi mengatakan, 'Kasih tahu saya siapa lingkaran teman-temanmu, maka saya akan bisa memprediksi mau jadi apa kamu 5 tahun depan karena melihat teman-temanmu itu.'

Kalau kita bergaul dengan tukang parfum, kita akan jadi ikut wangi. Kalau kita bergaul dengan pandai besi, walaupun kita tidak kecipratan apinya, tetapi tetap kita akan kena baunya. Jadi memang, kalau kita mau sukses, kalau kita mau bahagia, penting bagi kita untuk memilih dan memilah-milah teman.

Mungkin kita sering mendengar nasehat orang tua dulu mengatakan, 'Jangan pernah pilih-pilih teman,' tapi itu beda konteks. Itu konteksnya apabila anda anaknya orang kaya, anda tidak boleh memilih teman-teman dari kalangan apapun.

Tapi ada hal yang menarik dari sebuah pertemanan ini, yaitu makin tambah usia kita, semakin sedikit lingkaran pertemanan kita itu sangat wajar karena memang makin sedikit pertemanan, itu adalah ciri-ciri bahwa kita itu makin dewasa.

BACA JUGA:7 Ciri-Ciri Teman Palsu Ini Harus Diwaspadai Dalam Pergaulan

Kenapa pilih-pilih teman itu penting? Karena kita itu harus memilih orang untuk mendapatkan perhatian kita, loyalitas kita, dedikasi kita, investasi waktu kita, pikiran kita, dan tenaga kita. Kalau kita memilih teman yang salah, akhirnya waktu kita, energi kita, pikiran kita, dan semuanya itu pun akan sia-sia.

5 Tipe Teman yang Harus Kita Hindari

Tapi kalau kita memilih pertemanan yang tepat, maka investasi waktu kita, investasi tenaga, pikiran, dan semuanya itu akan ada timbal baliknya untuk kita juga. Kalau anda ingin hidup anda kedepannya bisa sukses, kedepannya bisa bahagia. Coba anda hindari atau anda eliminasi untuk bergaul dengan 5 tipe teman seperti ini.

1. Tipe Orang yang Suka Mengeluh

Mengeluh itu biasa, tapi suka mengeluh itu yang tidak wajar. Apa-apa dikeluhkan, makan di satu tempat, dibilang makanannya nggak enak, dibilang tempatnya yang gak enak, tempatnya dan makanannya enak, dibilang pelayannya yang kurang ramah, tempatnya bagus, dibilang terlalu jauh dari tempatnya.

Pokoknya apa-apa dia keluhkan, jadi hidupnya itu selalu dengan keluhan. Dia selalu mencari masalah dari setiap solusi, bukan mencari solusi dari setiap masalah. Anda itu kan cuma manusia biasa juga. Anda butuh teman itu untuk sama-sama memotivasi, sama-sama mendengarkan, sama-sama membangkitkan semangat.

Tapi kalau anda ketemu dengan orang yang tukang mengeluh, ketemu anda selalu mengeluh, sedangkan semangat anda juga naik turun, kadang naik kadang down, itu cuma akan menguras energi anda saja, itu hanya akan membuang waktu anda saja.

Ketika ketemu dia, yang tadinya fine-fine saja, yang tadinya bagus-bagus aja, pada saat ketemu dia semuanya jadi tidak bagus karena ada saja yang dikeluhkan. Apakah anda kebayang kalau ketemu orang-orang seperti ini?

Menelpon anda berkali-kali minta solusi, 'Aduh ini pacar saya selingkuh, gimana solusinya?' Kita udah kasih solusi berkali-kali, terus apa kata dia, 'Saya cinta banget sama dia, bagaimana ini?' Lalu telepon lagi, 'Aduh pacar saya selingkuh, gimana solusinya segala macam.'

Sumber: