Pemburu Cuan Merapat, Ini 6 Rekomendasi Ide Bisnis Jelang Pemilu 2024

Pemburu Cuan Merapat, Ini 6 Rekomendasi Ide Bisnis Jelang Pemilu 2024

Pemburu Cuan Merapat, Ini 6 Rekomendasi Ide Bisnis Jelang Pemilu 2024-Ilustrasi orang menghitung dana bisnis gambar ilustrasi untuk Rekomendasi Ide Bisnis Jelang Pemilu 2024-Pixabay

Radar Jabar – Akan ada pesta demokrasi digelar di Indonesia tahun depan pada 2024. Pemilihan umum 2024 atau Pemilu 2024 bakal digelar yang mana masyarakat akan memilih secara langsung wakil rakyat atau pejabat pemerintahan.

 

Pada momen pemilu itu warga negara Indonesia bukan hanya akan berpartisipasi termasuk ‘menyumbangkan suara’. Seperti momen atau acara-acara besar lainnya, pemilu juga bisa menjadi ajang untuk menambah pundi-pundi Rupiah di dompet mereka.

 

Terdapat sejumlah ide bisnis mau pun peluang bisnis bisa dimanfaatkan sebagai ladang cuan yang dapat dilakukan menjelang Pemilu 2024. Melansir dari berbagai sumber, berikut enam rekomendasi ide bisnis jelang Pemilu 2024 yang dapat kamu jalankan.

 

1. Bisnis Percetakan

 

Membuka bisnis percetakan bisa memberikan peluang keuntungan yang besar terutama dengan adanya momentum pemilu. Selama masa kampanye, tingkat kebutuhan akan produk cetak seperti baliho, spanduk, brosur, selebaran, banner hingga kartu nama akan semakin meningkat. Selain itu, KPU juga akan mencetak surat suara yang akan dikirimkan ke seluruh Indonesia.

 

BACA JUGA:10 Tips Mengatur Keuangan Agar Gaji Tidak Cepat Habis

 

Spanduk, baliho, dan banner umumnya menampilkan foto hingga visi dan misi dari setiap peserta pemilihan umum. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan kreativitasmu untuk membuat baliho, spanduk, dan banner, yang unik, menarik, mau pun keren.

 

2. Bisnis Konveksi dan Sablon

Konveksi menjadi salah satu sektor bisnis yang meraup untung besar jelang pemilu. Pada masa kampanye, usaha konveksi pasti banyak mendapatkan pesanan dari berbagai partai peserta pemilu berupa pembuatan kaos, topi, tas, maupun bendera.

 

Kalian juga tidak harus mengeluarkan modal besar dalam memulai bisnis konveksi serta sablon. Mengingat saat ini sudah maraknya penjualan secara online sampai terdapatnya sistem dropshipper.

 

3. Jasa Desain Grafis

Bagi yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis, jasa desain grafis bisa menjadi ide bisnis yang dapat dicoba di masa kampanye dan menjelang pemilu.

 

BACA JUGA:3 Syarat dari Menkop Kepada TikTok Shop Apabila Ingin Buka Lagi di Indonesia

 

Partai-partai peserta pemilu akan mencetak beragam atribut kampanye, mulai dari poster, flyer, stiker, kalender, hingga kaos, topi, tas, maupun bendera.

 

Selain itu, konten di media sosial juga membutuhkan desain yang menarik. Bagi yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis, jasa desain grafis bisa menjadi ide bisnis yang dapat dicoba di masa kampanye dan menjelang pemilu.

 

4. Bisnis Aksesoris

Bisnis penjualan aksesoris juga memiliki potensi besar di masa kampanye menjelang pemilihan umum 2024. Aksesoris bertema politik yang memiliki nilai guna seperti pin, gantungan kunci, topi, dan lainnya biasanya diminati oleh para pendukung para calon dan partai sebagai bentuk dukungan mereka.

 

Menggunakan aksesoris merupakan cara ekspresi diri yang populer dan efektif selama periode kampanye, sehingga wajar memiliki peluang emas dalam mendatangkan cuan bagi pelaku bisnis.

 

BACA JUGA:14 Rekomendasi Bisnis Akhir Tahun 2023 yang Harus Dicoba, Siap-siap Panen Cuan

 

5. Bisnis Katering/Tata Boga

Di masa-masa menjelang pemilu, bisnis katering bisa menjadi salah satu peluang bisnis menjanjikan untuk meraup cuan lebih. Partai politik membutuhkan penyediaan logistik (makanan dan minuman) untuk anggota kampanye, panitia, dan masyarakat. Ditambah, masa Pemilu membuat permintaan jasa logistik semakin tinggi.

 

Dengan permintaan jasa logistik semakin tinggi, bisnis katering dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

 

6. Event Organizer

Event organizer juga membutuhkan beberapa divisi, seperti publikasi dan dekorasi, desain grafis, perancangan acara, hubungan masyarakat, dan lain-lain. Beberapa event yang biasa disajikan di kampanye, seperti sosialisasi partai politik, hiburan partai politik (konser), dan seminar politik.

 

Sebagai event organizer, Anda memiliki tugas untuk mengelola suatu acara mulai dari konsep acara, perencanaan sistem acara hingga berjalan nya suatu acara.

Sumber: