Dinkes Bogor Berhasil Capai Peringkat Ketiga Kepuasan Publik

Dinkes Bogor Berhasil Capai Peringkat Ketiga Kepuasan Publik

Bima Arya, Wali Kota Bogor dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Taman Heulang, Kecamatan Tanah Sareal, Sabtu (25/11)--Pemkot Bogor

RADAR JABAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Jawa Barat, berhasil mencapai peringkat ketiga dalam kepuasan publik terhadap pemerintah setempat, dengan meraih 84,5 persen penilaian kinerja dari hasil survei approval rating masyarakat. Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, mengungkapkan apresiasinya terhadap pencapaian tersebut, menyoroti pelayanan kesehatan yang memberikan respon positif dari masyarakat terhadap pemerintah kota.

Bima menyampaikan kebanggaannya atas peringkat ketiga yang diperoleh oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) sebagai wujud kerja keras para insan kesehatan di Kota Bogor. Ia menekankan bahwa pencapaian ini merupakan hasil usaha yang tidak mudah.

"Dari survei yang dilakukan, saya bangga Dinkes bisa menempati peringkat ketiga, yang berarti kerja keras Dinkes sebagai insan kesehatan Kota Bogor. Ini pasti tidak mudah," ujar Bima Arya

BACA JUGA:Korban Ledakan Tabung Gas CNG di Sukabumi Bertambah Menjadi Dua Orang

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bima pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Taman Heulang, Kecamatan Tanah Sareal, pada hari Senin.

Menurut Bima Arya, dalam hasil survei tersebut, aspek yang paling memuaskan warga Kota Bogor dan menduduki peringkat pertama adalah ruang publik, seperti taman dan pedestrian, yang lebih luas, nyaman, dan teratur. Posisi kedua diisi oleh infrastruktur jalan, flyover, jembatan, dan sebagainya.

Bima Arya menyatakan bahwa angka hasil survei tersebut bukanlah hal yang sepele, melainkan merupakan buah dari kerja keras, inovasi, dan kolaborasi. Ia mencatat bahwa strategi "total football" yang diterapkan dari hulu sampai hilir, termasuk usaha preemtif, preventif, dan kuratif, turut berkontribusi pada pencapaian yang tinggi.

Pentingnya sosialisasi dan upaya maksimal dalam menjalankan berbagai program oleh Pemkot Bogor juga diakui oleh Bima Arya. Upaya ini mencakup berbagai aspek, mulai dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang ditekankan, digencarkan, dan dikampanyekan, hingga pembangunan rumah sakit dan inisiatif lainnya.

BACA JUGA:Banjir di Bogor Rendam Ratusan Rumah Warga, Beberapa Lokasi Terdampak Longsor

Bima Arya memberikan pesan kepada Dinkes Kota Bogor agar mereka mempertahankan capaian kinerja dan kepercayaan yang telah diraih, sehingga kolaborasi yang telah terjalin dapat berlanjut, tanpa memandang siapapun pemimpin Kota Bogor yang akan terpilih.

“Olahraga adalah keteladanan, olahraga adalah konsistensi, tidak cukup sekedar dikampanyekan kemudian bisa jalan," ujar Bima Arya

Dalam harapannya, Bima Arya menginginkan wali kota Bogor yang terpilih nantinya menjadi sosok yang memahami betul tentang kesehatan dan konsisten dalam menjalani gaya hidup sehat. Ia menekankan bahwa olahraga bukan sekadar kampanye, melainkan sebuah keteladanan dan konsistensi yang perlu ditcontohkan oleh pemimpin untuk menjaga agar Kota Bogor tetap menjadi kota yang sehat.*

Sumber: