Daftar 8 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali, Kenali Bahayanya

Daftar 8 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali, Kenali Bahayanya

Daftar 8 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali, Kenali Bahayanya-Ilustrasi sayuran hijau makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang-Pixabay

Radar Jabar – Fenomena memanaskan kembali makanan yang sudah dimasak sering kita lihat atau bahkan lakukan langsung. Cara ini dilakukan bukan hanya karena seseorang masih ingin menyantap makanan yang belum sempat mereka habiskan.

 

Akan tetapi juga alasan kepraktisan sehingga mereka tidak perlu membuat masakan baru atau membelinya di restoran atau warung. Padahal tidak semua makanan bisa dipanaskan secara berulang.

 

Ada beberapa makanan yang bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan apabila kembali dipanaskan. Melansir dari berbagai sumber, ada delapan makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang adalah di bawah ini.

 

1.      Nasi

2.      Daging olahan, seperti ham, daging asap, dan sosis

3.      Minyak goreng

4.      Makanan yang digoreng

5.      Sayuran hijau, seperti bayam, selada, dan kangkung

6.      Jamur

7.      Seafood, seperti ikan, kerang, atau udang

8.      Telur

 

BACA JUGA:5 Minuman untuk Menurunkan Berat Badan yang Bisa Diminum Sebelum Tidur

 

Selanjutnya, berikut akan dijelaskan alasan sehingga kedelapan makanan itu termasuk yang pantang kamu panaskan kembali.

 

1.      Nasi

Memanaskan nasi dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri Bacillus cereus yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

 

2.      Daging olahan

Daging olahan seperti ham, daging asap, dan sosis mengandung bahan pengawet yang bisa menjadi racun jika dipanaskan kembali.

 

3.      Minyak goreng

Memanaskan minyak goreng berulang kali dapat meningkatkan risiko kolesterol dan obesitas akibat terlalu banyaknya minyak yang terserap makanan.

 

BACA JUGA:Rahasia Membuat Cireng Isi Ayam yang Lezat: Resep dan Cara Membuat

 

4.      Makanan yang digoreng

Memanaskan makanan yang digoreng dengan cara menggoreng ulang berpotensi meningkatkan risiko kolesterol dan obesitas akibat terlalu banyaknya minyak yang terserap makanan.

 

5.      Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, selada, dan kangkung mengandung senyawa nitrat yang dapat berubah menjadi senyawa nitrit jika dipanaskan ulang. Maka dari itu hal tersebut dapat menyebabkan penurunan kandungan nutrisi dalam sayuran.

 

6.      Jamur

Jamur mudah mengalami pertumbuhan jamur yang tidak terlihat secara kasat mata. Jika jamur yang sudah dimasak dan disimpan pada kulkas lebih dari 24 jam, sebaiknya tidak dipanaskan kembali karena dapat mengganggu pencernaan dan masalah jantung yang serius.

 

7.      Seafood

Seafood cenderung memiliki tingkat keasaman yang rendah, yang memungkinkan pertumbuhan bakteri lebih cepat. Jika makanan seafood dihangatkan kembali setelah dimasak, maka akan ada risiko kontaminasi bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

 

BACA JUGA:Resep Mudah Puding Karamel, Wajib Dicoba!

 

8.      Telur

Memanaskan telur dapat menyebabkan perubahan kandungan nutrisi dan tekstur telur. Tindakan ini juga berpotensi menghasilkan protein teroksidasi yang bisa menimbulkan munculnya agen penyebab kanker pada hidangan.

 

Memanaskan ulang makanan-makanan tersebut adalah kesalahan fatal karena dapat mengurangi tekstur, citarasa, dan beberapa kandungan gizi. Selain itu juga bisa meningkatkan risiko keracunan dan menimbulkan penyakit.

 

Semoga artikel dan informasi ini bermanfaat dan membantumu mengetahui lebih lanjut seputar makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: