Dukungan Prabowo-Gibran Kemungkinan Terpecah Sebagian ke Ganjar Pranowo

Dukungan Prabowo-Gibran Kemungkinan Terpecah Sebagian ke Ganjar Pranowo

Dukungan Prabowo-Gibran Kemungkinan Terpecah Sebagian ke Ganjar Pranowo-Gibran Raka Buming Raka dan Prabowo Subianto saat setelah mendaftar ke KPU-Antara

RADAR JABAR - Pengamat politik dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN) Jawa Timur, Singgih Manggalou menyatakan bahwa pasangan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka, kemungkinan akan memecah dukungan dari Capres Ganjar Pranowo.

"Soal keunggulannya jelas, Prabowo dan Gibran akan mampu memecah suara Ganjar," kata Singgih Manggalou dalam keterangannya di Surabaya, Rabu (1/11).

Singgih berpendapat bahwa fenomena tersebut disebabkan oleh kesuksesan Prabowo dalam memilih Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon Wakil Presiden.

Kehadiran Gibran dalam posisi cawapres dianggap mampu memberikan tambahan kekuatan bagi Prabowo, yang diyakini sangat berpotensi untuk memengaruhi pemilih dan membagi basis pendukung yang sebelumnya condong ke Ganjar.

BACA JUGA:PSI Resmi Dukung Prabowo-Gibran Diungkapkan Langsung Oleh Kaesang Pangarep Selaku Ketum PSI

"Soal keunggulannya jelas, Prabowo dan Gibran akan mampu memecah suara Ganjar," lanjut Singgih.

Singgih mengamati bahwa Pulau Jawa, khususnya bagian Timur dan Tengahnya, berpotensi menjadi lokasi pertempuran yang sengit di antara tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Pertarungan antara Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud MD diprediksi akan menjadi kontes antara partai PDIP dengan relawan yang mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Itu akan menjadi pertarungannya antara PDIP dengan relawannya Jokowi, dan itu akan seru disana," kata Singgih.

Kehadiran Gibran sangat memperkuat kekuatan Prabowo dalam menghadapi Ganjar karena keduanya memiliki dukungan yang sama. Ini membuat Gibran sangat mampu untuk bersaing di bagian tengah dan timur Pulau Jawa.

Strategi ini memiliki potensi untuk meningkatkan peluang kemenangan bagi pasangan Prabowo-Gibran dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 yang akan datang.

"Jadi nanti biarkan Gibran yang masuk, karena akan lebih optimal jika Gibran yang bertarung dengan Ganjar," ujarnya.

BACA JUGA:Jawaban Gibran Raka Buming Raka Ketika Ditanya Visi Misi Sebagai Cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran dari tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilihan Presiden 2024.

Sumber: antara