9 Makanan Penurun Gula Darah yang Membantu Pengendalian Diabetes

9 Makanan Penurun Gula Darah yang Membantu Pengendalian Diabetes

9 Makanan Penurun Gula Darah yang Membantu Pengendalian Diabetes--(Sumber Gambar : Pixabay)

Radar Jabar Diabetes adalah penyakit kronis yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Salah satu cara untuk mengontrol Diabetes adalah dengan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Selain obat-obatan dan pola makan yang sehat, ada beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan gula darah dan memudahkan pengendalian diabetes.

Berikut adalah sembilan makanan penurun gula darah yang direkomendasikan.

Makanan penurun Gula Darah 

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung serat dan nutrisi yang tinggi serta rendah kalori.

Serat membantu menjaga penyerapan gula dalam tubuh, yang pada gilirannya membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang mete, dan kacang hijau mengandung protein dan serat yang tinggi serta rendah gula.

Protein membantu mengendalikan penyerapan gula dalam tubuh. 

3. Makanan Tinggi Protein

Makanan tinggi protein seperti ikan, ayam, dan telur dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Protein membantu menjaga kestabilan gula dalam darah. 

4. Ceri

Buah ceri mengandung antioksidan dan serat yang tinggi serta rendah gula. Antioksidan membantu melawan peradangan dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kadar gula darah. 

5. Tomat

Tomat mengandung likopen, sejenis karotenoid yang memiliki sifat antioksidan. Likopen dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

 

BACA JUGA:5 Jus Buah Penurun Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

 

6. Jagung

Jagung mengandung serat dan nutrisi yang tinggi serta rendah gula. Serat dalam jagung membantu menjaga tingkat gula darah yang stabil. 

7. Gandum Utuh

Sumber: