7 Ikan Pemakan Jentik Nyamuk Penyebab Demam Berdarah, Mudah untuk Dipelihara!

7 Ikan Pemakan Jentik Nyamuk Penyebab Demam Berdarah, Mudah untuk Dipelihara!

7 Ikan Pemakan Jentik Nyamuk Penyebab Demam Berdarah, Mudah untuk Dipelihara! --(Sumber Gambar : Pixabay)

Radar Jabar - Nyamuk merupakan vektor utama penyakit demam berdarah yang dapat mengancam kesehatan manusia. Mencegah perkembangan populasi Nyamuk dapat membantu mengurangi risiko penularan penyakit ini.

Salah satu cara alami untuk mengendalikan nyamuk adalah dengan menggunakan ikan pemakan jentik nyamuk.

Berikut adalah beberapa jenis ikan pemakan jentik nyamuk yang dapat membantu mencegah penyebaran penyakit demam berdarah. 

Ikan Pemakan Jentik Nyamuk yang Mudah untuk Dipelihara

1. Ikan Cupang

Ikan ini memiliki kemampuan dalam memangsa 29,4 jentik nyamuk per hari. Jika ingin menjadikan cupang sebagai ikan pemakan jentik nyamuk di kolam, pastikan air yang digunakan bersih. Harga ikan cupang dijual sekitar Rp 10.000 - Rp 20.000.

2. Ikan Nila Merah

Ikan ini mudah dibudidayakan dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga risiko kematiannya kecil. Keuntungan lain memelihara nila merah adalah kemampuannya yang bisa dijadikan sebagai ikan pemakan jentik nyamuk. Harga ikan nila merah dijual sekitar Rp 10.000 - Rp 20.000.

3. Ikan Guppy

Ikan ini memiliki kemampuan dalam memangsa jentik nyamuk dan sering dipelihara sebagai ikan hias. Harga ikan guppy dijual sekitar Rp 10.000 - Rp 20.000.

4. Ikan Kepala Timah

Ikan ini memiliki kemampuan dalam memangsa jentik nyamuk dan sering dipelihara sebagai ikan hias. Harga ikan kepala timah dijual sekitar Rp 10.000 - Rp 20.000.

 

BACA JUGA:6 Manfaat Jambu Biji dalam Pemulihan Demam Berdarah (DBD), Bisa Menghambat Pertumbuhan Virus?

 

Sumber: