Mengenal Perbedaan Yahudi, Yudaisme, Israel, dan Zionis

Mengenal Perbedaan Yahudi, Yudaisme, Israel, dan Zionis

Perbedaan Yahudi, Yudaisme, Israel, dan Zionis-Pixabay/Hurk-

RADAR JABAR - Apa itu Yahudi? Apa itu Yudaisme? Apa itu Israel? Dan, apa itu Zionis? Ternyata masih banyak orang yang belum bisa membedakan di antara ketiganya.

Kesalahpahaman akibat ketidakpahaman ini kemudian menimbulkan sejumlah stigma, negatif persepsi buruk, dan penilaian yang tidak akurat atas ketiganya.

Pada tulisan ini kita akan membahas tentang perbedaan apa itu Yahudi, Yudaisme, Israel dan Zionis yang seringkali kita keliru mengartikannya.

Yahudi

Istilah "Yahudi," terutama bagi kebanyakan orang Indonesia, cenderung diasosiasikan dengan sebuah agama, sekaligus suku bangsa, bahkan negara dalam konteks modern.

BACA JUGA:9 Jenis Baju Khas Orang Yahudi di Berbagai Belahan Dunia

Meskipun saling terkait, namun secara terminologi, ketiga istilah tersebut memiliki makna yang berbeda.

Istilah Yahudi atau "Yehudi" dalam bahasa Ibrani pada dasarnya merujuk pada kelompok etnis atau orang-orang yang memiliki keturunan dari bangsa Israel. Singkatnya, "Yahudi" ini adalah nama dari suatu kelompok etnis atau suku bangsa.

Sama halnya dengan nama-nama kelompok etnis atau suku yang ada di Indonesia seperti Jawa, Sunda, Batak, Minang, Bugis, Dayak, Bali, Sasak, Madura, Banjar, Toraja, dan lain sebagainya.

Kata "Yahudi" sendiri diambil menurut salah satu marga dari 12 leluhur suku Israel yang paling banyak keturunannya, yakni Yehuda. Yehuda ini adalah salah satu dari 12 putra Yakub.

Yakub sendiri dipercaya sebagai seorang nabi atau seorang suci dalam kepercayaan agama Abraham yang hidup sekitar abad 18 sebelum masehi dan bergelar "Israel."

Seluruh turunan dari 12 putra Yakub itu dikenal dengan sebutan "Bani Israel" atau keturunan langsung Israel, yang kemudian berkembang menjadi besar dan dinamakan sebagai suku Israel.

Setelah berabad-abad, keturunan Yahudi berkembang menjadi bagian yang dominan dan mayoritas dari bangsa Israel, sehingga sebutan "Yahudi" tidak hanya mengacu kepada orang-orang dari keturunan Yehuda, tetapi mengacu kepada segenap turunan dari Israel atau Yakub sebagai kelompok etnis.

Orang-orang Yahudi memiliki warisan budaya, bahasa, dan sejarah yang khas. Saat ini, orang Yahudi dapat ditemukan di berbagai negara di seluruh dunia, meskipun sebagian besar populasi Yahudi terkonsentrasi di Israel dan Amerika Utara.

Yudaisme

Yudaisme adalah agama monoteistik tertua yang berasal dari bangsa Yahudi. Semua praktek dalam Yudaisme didasarkan pada keyakinan dan praktek yang diatur dalam Taurat, yang dianggap sebagai hukum tertulis yang diberikan oleh Tuhan kepada Musa di Gunung Sinai.

Sumber: