Sering Lapar Ketika PMS? Yuk Simak Penyebabnya Disini!

Sering Lapar Ketika PMS? Yuk Simak Penyebabnya Disini!

Sering Lapar Ketika PMS? Yuk Simak Penyebabnya Disini!--Freepik/lookstudio

RADAR JABAR - Apakah anda sering lapar ketika PMS? Apa hal tersebut wajar? Mari simak penyebabnya disini!

Pre Menstrual Syndrome (PMS) adalah periode sebelum menstruasi yang seringkali disertai dengan sejumlah perubahan fisik dan emosional pada tubuh wanita. Salah satu perubahan yang sering dikeluhkan adalah perasaan lapar yang lebih intens daripada biasanya.

Berdarkan berbagai sumber, terdapat beberapa alasan mengapa seseorang sering merasa lapar saat mengalami PMS. Berikut ini penyebab lapar ketika sedang PMS.

1. Fluktuasi Hormon Estrogen dan Progesteron

Salah satu alasan utama dibalik perasaan lapar selama PMS adalah fluktuasi hormon estrogen dan progesteron. Hormon-hormon ini meningkat dan menurun secara signifikan selama periode ini.

Perubahan hormon ini dapat memengaruhi nafsu makan serta membuat seseorang merasa lebih lapar dari biasanya. Terkadang, perubahan hormon ini juga dapat mengakibatkan peningkatan hasrat untuk makan makanan tertentu, seperti makanan manis atau berlemak.

BACA JUGA:7 Jus yang Membantu Melancarkan Menstruasi: Perawatan Alami untuk Kesehatan Wanita

2. Respons Tubuh terhadap Insulin

Respons tubuh terhadap insulin juga dapat berperan dalam perasaan lapar selama PMS. Pada fase pre-menstruasi, tubuh cenderung menjadi lebih responsif terhadap insulin.

Hal tersebut menandakan bahwa tubuh mengatur gula darah dengan lebih efisien, tetapi juga dapat menyebabkan perubahan dalam nafsu makan. Fluktuasi gula darah dapat membuat seseorang merasa lapar atau ingin makan lebih sering.

3. Kebutuhan Nutrisi yang Meningkat

Selama PMS, tubuh dapat membutuhkan lebih banyak nutrisi tertentu, seperti zat besi. Perubahan hormon dan perdarahan menstruasi dapat menyebabkan kehilangan zat besi, yang dapat membuat seseorang merasa lelah dan lapar.

Oleh karena itu, perasaan lapar selama PMS mungkin juga merupakan respons alami tubuh terhadap kebutuhan nutrisi yang meningkat.

BACA JUGA:12 Makanan Pereda Nyeri Haid: Solusi Alami untuk Ketidaknyamanan Menstruasi, Ada Telur yang Gampang Ditemukan!

Meskipun perasaan lapar selama PMS cukup umum, penting untuk diingat bahwa setiap individu memiliki pengalaman yang berbeda selama periode ini. Tidak semua orang yang sedang pms merasa lapar, bahkan terdapat beberapa orang mungkin mengalami penurunan nafsu makan.

Perlu diingat bahwa perubahan dalam nafsu makan selama PMS dapat bervariasi pada tiap orang. Lapar ketika PMS merupakan suatu hal yang wajar.

Sumber: