6 Alat Elektronik yang Dilelang DJKN Kemenkeu dan Cara Ikut Lelangnya: PS5 sampai Kulkas Canggih Rp1 Juta

6 Alat Elektronik yang Dilelang DJKN Kemenkeu dan Cara Ikut Lelangnya: PS5 sampai Kulkas Canggih Rp1 Juta

Daftar Alat Elektronik yang Dilelang Kemenkeu dan Cara Ikut Lelangnya : PS5 sampai Kulkas Canggih Rp1 Juta-PS5-Tangkapan Layar via Radio Times

Radar Jabar – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keungan Republik Indonesia (DJKN Kemenkeu) menggelar lelang beberapa barang elektronik pada Kamis (12/10) dan Jumat (13/10). Berikut daftar barang dan cara mengikuti lelang KPKNL periode 12 Oktober 2023 dan 13 Oktober 2023.

 

DJKN Kemenkeu melelang beragam barang-barang elektronik seperti kulkas, mesin cuci, hingga PlayStation 5 (PS5). Harga penawaran alat elektornik lelang ini juga jelas jauh lebih murah dibandingkan harga umum di pasaran.

 

Alat-alat elektronik yang dilelang oleh Kemenkeu dilelang dengan nilai limit rendah, yang mana terendah mulai Rp250 ribu. Inilah daftar alat elektornik dan detailnya.

 

1.      Nintendo Switch

Nintendo Switch adalah konsol game yang rilis tahun 2017 lalu. Konsol hybrid ini bisa dimainkan secara handled alias dibawa ke mana pun, dan bisa pula disambungkan dengan televisi menggunakan dock.

 

BACA JUGA:Bocoran Spesifikasi PS5 Pro Terkuak? Hardware-nya Dapat Upgrade, Dukung Resolusi 4K

 

DJKN Kemenkeu melelang Nintendo Switch dengan nilai limit Rp250 000 (harga pasarannya saat ini Rp3,5 jutaan). Adapun uang jaminan yang perlu diberikan yakni senilai Rp100.300.

 

2.      Mesin Cuci Electrolux Front Loading

Mesin cuci jenis front loading besutan Electrolux ini merupakan mesin cuci berkualitas lebih tinggi ketimbang mesin cuci jenis top loading. Mesin cuci ini akan dilelang dengan nilai limit Rp1 juta dan jaminan Rp400.200 pada 12 Oktober 2023.

 

Harga itu jauh lebih rendah dari harga normalnya di pasaran yang sebesar Rp7 jutaan dan bahkan ada yang lebih mahal.

 

3.      Kulkas Aqua AQR-IM525AM

Kulkas Aqua tipe AQR-IM525AM adalah lemari es mewah dengan teknologi terkini, mulai dari perlindungan antibakter hingga pengatur suhu berpanel LED canggih. Kulkas premium ini akan dilelang pada 12 Oktober 2023.

 

Kulkas Aqua AQR-IM525AM dilelang dengan nilai limit Rp1 juta dan jaminan yang harus disiapkan yakni Rp400.200. Harga normal kulkas premium tersbut di pasaran senilai Rp8 jutaan ke atas.

 

BACA JUGA:Segera Rilis! Inilah Perbedaan Spesifikasi PS5 Pro vs PS5 Biasa yang Wajib Diketahui

 

4.      Apple Watch SE Gen 2

Pertama kali rilis pada 2022, Apple Watch SE Gen 2 bertenaga chipset Apple S8. Alhasil performanya lebih ngebut daripada Apple Watch SE generasi pertama (rilisan 2020) yang mengandalkan Apple S5.

 

Harga asli Apple Watch SE Gen 2 ialah Rp4,9 jutaan. Sementara DJK Kemenkeu melelang smartwatch ini dengan nilai limit Rp1 juta dan jaminan Rp400.200.

 

5.      LED TV 32” Coocaa

LED TV 32” Coocaa akan dilelang oleh DJKN Kemenkeu pada 13 Oktober 2023 walau tidak dijelaskan LED Coocaa tipe apa yang masuk daftar lelang ini. Tapi nilai limitnya hanya Rp100 ribu dengan jaminan senilai Rp40.300, lebih rendah dari banderol pasaran TV Coocaa 32” yang sekitar Rp2 jutaan.

 

6.      PS5

PS5 Disc Edition region Jepang menjadi jenis PS5 yang bakal dilelang pada 13 Oktober 2023. Nilai limit konsol game besutan Sony tersebut adalah Rp1 juta dan jaminan yang mesti diserahkan sebesar Rp400.200.

 

Harga lelang itu sangat murah daripada harga PS5 Disc Edition di pasaran. Di marketplace saat ini, PS5 tersebut masih dibanderol bervariasi mulai dari Rp9 juta dan bisa lebih mahal.

 

BACA JUGA:Bocoran Spesifikasi PlayStation 5 Pro: Gendong GPU yang Lebih Gahar?

 

Setelah mengetahui detail barang elektroniknya, berikut cara mengikuti lelang tersebut di lelang.go.id dikutip dari detikinet:

 

1.      Masuk ke situs lelang.go.id

2.      Bikin akun jika belum punya

3.      Masuk dengan email dan password yang sudah didaftarkan

4.      Cari objek lelang pada kolom pencarian

5.      Lalu pilih objek lelang

6.      Jika sudah, klik ‘ikut lelalng’ dan lengkapi data yang dibutuhkan semisal KTP, NPWP, serta nomor rekening pengembalian

7.      Setorkan uang jaminan sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan. Pembayaran uang jaminan lelang bisa dilakukan lewat internet banking, ATM, SMS bangking, dan teller

8.      Lakukan penawaran lelang, penawaran yang diberikan harus lebih tinggi dari nilai limit yang ditetapkan.

9.      Penawaran lelang alat-alat elektronik ini berlangsung offline jadi peserta harus datang ke Divisi CRR, Gedung BRI II lt. 21, Jl. P Sudirman Kav 44-46, Jakarta Pusat

10.  Setelah memenangkan lelang, lakukan pelunasan lelang dalam jangkat waktu maksimal lima hari kerja dengan nominal yang tercatat di aplikasi lelang.

11.  Jika peserta lelang gagal memenangkan lelang, uang jaminan lelang bakal masuk kembali ke rekening.

Sumber: