7 Shalat Sunnah dengan Pahala Luar Biasa

7 Shalat Sunnah dengan Pahala Luar Biasa

Shalat adalah salah satu ibadah utama dalam agama Islam yang menghubungkan individu dengan Tuhan. Selain shalat wajib lima waktu, terdapat shalat sunnah yang juga memiliki pahala yang luar biasa.--Sumber Gambar: iStock.com

RADAR JABAR - Shalat adalah salah satu ibadah utama dalam agama Islam yang menghubungkan individu dengan Tuhan. Selain Shalat wajib lima waktu, terdapat Shalat sunnah yang juga memiliki pahala yang luar biasa.

Shalat sunnah merupakan amalan keagamaan yang dianjurkan, tetapi tidak wajib, namun pahalanya sangat besar di sisi Allah SWT. Berikut adalah 7 shalat sunnah dengan pahala yang tidak main-main dalam Islam:

 

1. Shalat Dhuha (Istikharah)

Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dilakukan setelah terbitnya matahari hingga menjelang waktu Dzuhur.

Melaksanakan shalat Dhuha membawa pahala besar, sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa setiap sendi manusia harus bersedekah setiap harinya, dan melakukan shalat Dhuha setara dengan bersedekah.

 

2. Shalat Tahajjud

Shalat Tahajjud dilakukan pada malam hari setelah tidur sejenak. Shalat ini memperlihatkan kecintaan dan kesungguhan seorang hamba kepada Allah SWT. Pahala dari shalat Tahajjud sangat besar, termasuk diampuninya dosa-dosa yang telah dilakukan.

 

3. Shalat Duha (Ishraq)

Shalat Duha atau shalat Ishraq adalah shalat sunnah yang dilakukan ketika matahari naik setinggi sekitar satu tombak. Melakukan shalat Duha dengan penuh khusyuk akan mendatangkan pahala sebanding dengan memerdekakan sepuluh budak muslim.

 

4. Shalat Awabeen

Shalat Awabeen adalah shalat sunnah yang dilakukan setelah shalat Maghrib. Menunaikan shalat Awabeen dengan istiqamah membawa pahala yang luar biasa, bahkan seperti pahala membangun seribu masjid.

 

5. Shalat Tahiyyatul Masjid

Shalat Tahiyyatul Masjid adalah shalat sunnah yang dilakukan saat masuk ke dalam masjid sebelum duduk atau melakukan shalat lainnya. Melaksanakan shalat Tahiyyatul Masjid membawa pahala yang besar, seperti pahala haji dan umrah.

 

6. Shalat Awwabin

Shalat Awwabin adalah shalat sunnah yang dilakukan di antara Maghrib dan Isya. Rasulullah SAW menyarankan untuk melaksanakan shalat Awwabin, dan Allah akan mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukan.

 

7. Shalat Tasbih

Shalat Tasbih adalah shalat sunnah yang dilakukan dengan membaca tasbih khusus. Melakukan shalat Tasbih membawa pahala besar, bahkan setara dengan membaca Al-Quran tiga puluh kali.

Sumber: