Mirip dan Sering Tertukar? Simak Perbedaan E-Wallet dan E-Money Disini!

Mirip dan Sering Tertukar? Simak Perbedaan E-Wallet dan E-Money Disini!

Mirip dan Sering Tertukar? Simak Perbedaan E-Wallet dan E-Money Disini!-Ilustrasi aplikasi e-wallet dan e-money-Freepik/pch.vector

RADAR JABAR - Seringkali tertukar, ayo simak perbedaan e-wallet dan e-money biar gak tertukar. E-money dan e-wallet merupakan layanan keuangan berbasis digital yang seringkali tertukar pengertiannya.

Meskipun begitu, baik e-money maupun e-wallet sama-sama merupakan bentuk uang digital yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi secara online atau offline. Keduanya juga merupakan salah satu bentuk aplikasi yang berada di smartphone.

Secara kemudahan pelayanan, kedua layanan keuangan digital ini juga memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam melakukan transaksi. Pengguna dapat melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja tanpa harus membawa uang tunai.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Dompet Digital Internasional yang Terbaik dan Paling Banyak Digunakan, Pastinya Aman

Selain itu, baik e-wallet maupun e-money juga sama-sama memberikan keamanan dalam melakukan transaksi. Pengguna tidak perlu khawatir kehilangan uang tunai atau kartu kredit karena uang digital tersebut tersimpan dalam akun pengguna.

Namun, tentunya pada kedua layanan keuangan digital tersebut meskipun sama namun berbeda dalam beberapa hal. Terkadang, banyak yang tertukar mengenai layanan aplikasi keuangan tersebut.

Bagi yang masih bingung, kami akan mengulas perbedaan antara e-wallet dan e-money. Ayo simak disini!

Perbedaan E-Wallet dan E-Money

E-wallet: Uang di Aplikasi

E-wallet atau dompet elektronik, adalah salah satu bentuk financial technology (fintech) yang memungkinkan metode pembayaran online yang praktis. E-wallet berbentuk aplikasi yang harus diunduh oleh pengguna melalui perangkat digital seperti telepon pintar atau komputer.

Dompet elektronik ini beroperasi melalui aplikasi yang dapat diunduh pengguna. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, pengguna dapat mengisi saldo e-wallet mereka melalui berbagai cara, termasuk transfer bank, merchant, atau aplikasi pengisian saldo lainnya.

Pada umumnya digunakan untuk membayar transaksi online, seperti pembelian barang atau layanan di situs web e-commerce atau aplikasi. Namun, beberapa e-wallet juga dapat digunakan untuk pembayaran di toko fisik dengan menggunakan teknologi nirkabel.

BACA JUGA:7 Dompet Digital Terbaik di Dunia, Nomor 1 Sering Dipakai Lho!

E-money: Uang di Kartu Chip

E-money, atau uang elektronik, adalah alat pembayaran yang berbentuk kartu dengan chip. Kartu e-money ini biasanya diterbitkan oleh lembaga keuangan seperti bank atau perusahaan teknologi finansial (fintech).

Aplikasi uang elektronik inidapat diterbitkan oleh bank tradisional atau perusahaan fintech yang fokus pada teknologi finansial. Tentunya, pengguna e-money harus mengisi saldo ke kartu mereka melalui bank yang menerbitkan kartu tersebut.

Selain itu pengguna harus mengisi saldo kartu e-money mereka melalui bank yang menerbitkannya. Untuk mengisi saldo tersebut dapat dilakukan melalui ATM, kantor bank, atau layanan perbankan online.

Sumber: