BRI Adakan Program Dukung UMKM di Indonesia, KUR BRI 2023: Berikut Syarat dan Ketentuannya, Ajukan Sekarang

BRI Adakan Program Dukung UMKM di Indonesia, KUR BRI 2023: Berikut Syarat dan Ketentuannya, Ajukan Sekarang

BRI Adakan Program Dukung UMKM di Indonesia, KUR BRI 2023: Berikut Syarat dan Ketentuannya, Ajukan Sekarang-KUR BRI 2023-Istimewa

RADAR JABAR - Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah program kredit yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Program KUR BRI 2023 ini menawarkan akses ke modal kerja dan investasi dengan suku bunga yang terjangkau dan persyaratan yang relatif mudah.

KUR BRI menawarkan tiga jenis KUR: KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR Ritel. KUR Mikro memiliki plafon kredit hingga Rp 25 juta. KUR Kecil menawarkan plafon kredit hingga Rp 500 juta. Sementara itu, KUR Ritel menawarkan plafon kredit dari Rp 500 juta hingga Rp 2,5 miliar.

Suku bunga untuk semua jenis KUR BRI di 2023 terdapat sedikit perbedaan dengan tahun-tahun sebelumFnya,  untuk yang pertama kali mengajukan KUR akan di kenakan Bunga sebesar 6% per tahun untuk pinjaman diatas 10 Juta (KUR Mikro dan  KUR Kecil). Namun jika sebelumnya sudah pernah meminjam, suku bunga pertahun akan meningkat menjadi 7%, dan untuk pinjaman yang ketiga akan meningkat Kembali menjadi 8% per tahun.

Ini adalah suku bunga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan suku bunga kredit komersial, membuat KUR menjadi pilihan yang menarik bagi UMKM yang membutuhkan akses ke modal.

Jangka waktu kredit untuk KUR BRI bervariasi tergantung pada jenis KUR dan penggunaan dana. Umumnya, jangka waktu kredit berkisar antara 1 hingga 5 tahun.

Untuk mengajukan KUR BRI di tahun 2023, pemohon harus memenuhi beberapa persyaratan. Pemohon harus Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah. Pemohon juga harus memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan. Untuk KUR Kecil dan Ritel, pemohon harus menyertakan jaminan.

 

BACA JUGA:Persyaratan Lebih Mudah! Cara Mengajukan KUR BRI 2023 Cukup Lampirkan Dokumen Ini

 

Adapun persyaratan lengkapnya untuk mendapatkan KUR BRI 2023 adalah sebagai berikut:

 

KUR Super Mikro

 

Kriteria Umum:

  • Belum pernah menerima KUR.
  • Belum pernah menerima kredit atau modal kerja komersial, kecuali
  • Kredit konsumsi untuk keperluan rumah tangga
  • Kredit skema/skala ultra mikro atau sejenisnya; dan/atau
  • Pinjaman pada perusahaan layanan pendanaan berbasis digital.

 

Kriteria Khusus:

  • Tidak ada pembatasan minimal waktu pendirian usaha. Dalam hal ini calon peminjam yang waktu usahanya kurang dari 6 bulan harus memenuhi salah satu persyaratan sebagai berikut:
  • Mengikuti Pendampingan
  • Mengikuti Pelatihan kewirausahaan atau lainnya
  • Tergabung dalam kelompok Usaha
  • Memiliki anggota keluarga yang mempunyai usaha
  •  

Sumber: