Kenali Apa Itu Virus Nipah dan Gejalannya!

Kenali Apa Itu Virus Nipah dan Gejalannya!

Kenali Apa Itu Virus Nipah dan Gejalannya!-Apa Itu Virus Nipah dan Gejalannya-

RADAR JABAR - Hingga akhir Agustus 2023, dua orang telah meninggal akibat virus nipah di Kerala, dan beberapa orang lainnya, termasuk dua orang dewasa dan seorang anak-anak, masih dalam perawatan di rumah sakit.

Lebih dari 700 orang telah diperiksa untuk memastikan mereka tidak terinfeksi virus yang dapat ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh kelelawar, babi, atau manusia yang terinfeksi.

Pada tanggal 13 September 2023, Pemerintah Negara Bagian Kerala mengumumkan bahwa sekitar 706 orang, termasuk 153 pekerja kesehatan, telah diperiksa untuk menilai sejauh mana penyebaran virus ini. Hasil dari pemeriksaan tersebut masih belum diumumkan.

''Lebih banyak bisa diperiksa, fasilitas isolasi akan disediakan,’’ ucap Kepala Menteri Negara Bagian Kerala, Pinarayi Vijayan. Ia meminta warga untuk menghindari kerumunan di Distrik Kozhikode untuk 10 hari ke depan.

Ini adalah wabah nipah keempat yang terjadi di Kerala sejak tahun 2018, yang telah memaksa otoritas setempat untuk menetapkan delapan desa di Distrik Kozhikode sebagai zona isolasi.

''Kami fokus pada pelacakan kontak orang yang terinfeksi dulu dan mengisolasi mereka yang mengalami gejala terkena virus nipah,’’ kata Menteri Kesehatan Veena George. Ia menuturkan, virus yang terdeteksi di Kerala sama dengan yang ditemukan sebelumnya di Bangladesh.

 

BACA JUGA:Hebohkan Dunia! Virus Nipah Terdapat Lagi di India! Apasih Virus Nipah Itu?

 

Virus ini memiliki tingkat kematian tinggi dan dapat menular dari manusia ke manusia, meskipun memiliki sejarah penularan yang tidak terlalu cepat. Otoritas telah membatasi pergerakan penduduk di beberapa wilayah dan menerapkan aturan isolasi ketat, termasuk mengkarantina staf medis yang telah berinteraksi dengan pasien terinfeksi.

Investigasi awal juga mengungkapkan bahwa korban pertama adalah pemilik kebun yang menanam pisang dan kacang areca di Desa Maruthonkara. Pemerintah saat ini sedang melacak kontak dan pergerakan orang yang terinfeksi untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

 

Tanda dan gejala yang disebabkan oleh virus Nipah mirip dengan tanda-tanda influenza.

 

Awalnya, seseorang yang terinfeksi akan merasakan gejala seperti yang biasa terjadi pada kasus flu, seperti tubuh terasa tidak enak, demam, dan nyeri otot.

Sumber: