Review Lengkap Samsung Galaxy A73 5G: Harga Sudah Turun, Punya Performa Gahar dari Chipset Snapdragon 778G

Review Lengkap Samsung Galaxy A73 5G: Harga Sudah Turun, Punya Performa Gahar dari Chipset Snapdragon 778G

Review Lengkap Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G-RJ-

RADAR JABAR - Baru-baru ini, Oppo merilis seri Reno10 dengan menggunakan Snapdragon 778G. Tak lama kemudian, Vivo juga akan merilis seri V29 yang akan menggunakan Snapdragon 778G. Namun, kedua ponsel ini akan dijual dengan harga di atas Rp8 juta. Sekarang Anda bisa mendapatkan kinerja prosesor yang sama dengan harga yang jauh lebih terjangkau dengan Samsung Galaxy A73 5G.

Samsung Galaxy A73 5G mungkin terdengar familiar karena ponsel ini dirilis sekitar satu tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2022. Namun, sekarang ada banyak ponsel yang menggunakan Snapdragon 778G, yang berarti Galaxy A73 masih kompetitif menjelang tahun 2024.

Sekarang mari kita cek harga awal Samsung Galaxy A73 ini saat pertama kali dirilis pada tahun 2022. Pada saat itu, ponsel ini dijual dengan harga Rp7.799.000 untuk varian RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB. Harga tersebut sebenarnya mendekati Samsung Galaxy S21 FE, yang notabene merupakan seri flagship terjangkau dari Samsung.

Tercatat pada September 2023 ini, Galaxy A73 sudah turun harga cukup drastis menjadi kisaran Rp6 jutaan. Ini tentu sangan worth it jika dibandingkan harus membeli Oppo Reno10 atau Vivo V29 yang kisaran harganya di atas Rp8 jutaan.

BACA JUGA:Turun Drastis! Samsung Galaxy A73 HP Canggih dengan Kamera 108MP dan Layar AMOLED, Jadi Segini Harganya!

Bahkan sekarang bisa mendapatkan Samsung Galaxy A73 ini dengan harga sekitar Rp4 jutaan rupiah saja untuk varian second dengan kapasitas RAM dan penyimpanan yang sama.

Review Spesifikasi Samsung Galaxy A73 5G

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai spesifikasi, harga dan keunggulannya, simak review lengkap Samsung Galaxy A73 5G di bawah ini.

Performa Dapur Pacu

Galaxy A73 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 778G 5G yang konfigurasinya sangat unik. Prosesor ini memiliki kecepatan maksimum hingga 2,4 GHz dengan konfigurasi 1 * 2,4 GHz a78 dan 3 * 2,2 GHz a78. Artinya, ada 4 inti a78 dengan kecepatan yang berbeda, serta empat inti 1,9 GHz Cortex A55 untuk efisiensi daya. Selain itu, prosesor ini menggunakan fabrikasi 6 nanometer dan telah dipadukan dengan GPU Adreno 642L.

Samsung Galaxy A73 yang saya miliki memiliki kapasitas RAM 8 GB LPDDR4X dan penyimpanan internal 256 GB yang juga menggunakan teknologi UFS. Bagaimana performanya sejauh ini dalam AnTuTu Benchmark? Samsung Galaxy A73 dapat mencapai skor Antutu sekitar 600 ribu poin. Ini tentu performa yang cukup gahar untuk ponsel keluaran tahun lalu.

BACA JUGA:Hasil Uji Pemakaian Samsung Galaxy Z Flip 5 Selama Seminggu: Ternyata Performanya Begini

Ketika digunakan untuk bermain game, ponsel ini masih mampu menjalankan game-game yang cukup berat seperti Genshin Impact. Anda juga bisa bermain Mobile Legends, yang bisa dimainkan dengan lancar meskipun pada ponsel dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Pada ponsel dengan spesifikasi menengah ke atas seperti ini, game tersebut dapat berjalan lancar dengan pengaturan grafis setingkat tertinggi. Namun, untuk pengaturan grafis ultranya, belum tersedia pada ponsel ini, mungkin karena kurangnya kerja sama dengan pengembang game oleh pihak Samsung.

Untuk penggemar game PUBG, Samsung Galaxy A73 masih mampu menjalankannya dengan baik. Pengaturan grafis bisa diatur hingga Smooth Ultra, yang memungkinkan permainan berjalan pada kisaran 40-50 FPS. Suhu ponsel ini juga tetap dalam batas wajar selama pengujian stres, sekitar 40 derajat Celsius. Kami pribadi tidak terlalu terganggu oleh suhu tersebut, karena masih dianggap wajar.

Kamera

Salah satu pertimbangan penting saat memilih ponsel Samsung adalah kemampuan kamera mereka. Mulai dari ponsel entry level hingga flagship, Samsung selalu menawarkan kualitas kamera yang baik.

Sumber: