Review Spesifikasi Realme GT5: Menggila dengan RAM 24GB, Harga Cuma Segini

Review Spesifikasi Realme GT5: Menggila dengan RAM 24GB, Harga Cuma Segini

Review spesifikasi Realme GT5 lengkap dengan harga-TJ-

Dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang memiliki fabrikasi 4 nanometer, ponsel ini menjadi salah satu perangkat terkuat di kelasnya. Qualcomm sendiri mengklaim bahwa chip ini 40% lebih efisien dari generasi sebelumnya, menjadikannya pilihan yang menarik bagi yang merasa kurang puas dengan performa chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Ponsel ini menawarkan beberapa varian RAM mulai dari 12 GB, 16 GB, hingga 24 GB, dan penyimpanan internal mulai dari 256 GB, 512 Gigabyte, hingga 1 TB. Jenis RAM yang digunakan adalah LPDDR5X, sementara penyimpanan internal menggunakan UFS 4.0.

Sebagai bonus, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Pixel Work X7 Independent Display Chip Graphics untuk performa grafis yang lebih baik, dengan skor Antutu yang mencapai 1,6 juta pada versi 10. Ponsel ini menunjukkan kekuatannya, meski masih kalah 100.000 poin dari Redmi K60 Ultra yang mencapai Rp1,7 jutaan.

Dari sisi perangkat lunak, Realme GT5 menjalankan Android 13 dengan antarmuka Realme UI 4.0. Plus, Realme menjanjikan update OS hingga 3 tahun dan update keamanan hingga 4 tahun, sebuah penawaran yang cukup menggiurkan.

Kami akan membandingkan dua chipset papan atas, yaitu Snapdragon 8 Gen 2 dan Dimensity T9200 Plus. Menurut data yang kami miliki, Dimensity T9200 Plus hanya memiliki sedikit perbedaan, hanya selisih satu angka dari Snapdragon 8 Gen 2.

Namun, perlu diingat bahwa selisih ini hampir tidak akan terasa, terutama jika Anda adalah seorang gamer yang suka memainkan game berat.

Kamera

Pada segi kamera, Realme GT5 tampaknya tak main-main. Kamera utamanya memiliki sensor Sony IMX890 dengan resolusi 50 MP dan dilengkapi dengan OIS. Ada juga kamera ultra-wide 8 MP, dan tentu saja kamera makro 2 MP.

Sementara itu, untuk urusan selfie, ponsel ini memiliki kamera 16 MP. Perlu diperhatikan bahwa perekaman video ponsel ini sudah mendukung resolusi 4K pada 60fps.

Sayangnya, kamera depan hanya mampu merekam dalam resolusi Full HD+, meski begitu, dari segi kamera, ponsel ini sudah bisa bersaing dengan para flagship, meskipun tidak bekerja sama dengan lensa ternama seperti Leica.

Fitur Tambahan

Kita akan membahas fitur konektivitas pada ponsel Realme GT5 terbaru yang sangat lengkap dan canggih. Mulai dari pemindai sidik jari di layar, Wi-Fi 7, hingga Bluetooth 5.3, serta dukungan 5G. Ponsel ini juga dilengkapi dengan NFC.

Dalam hal pendinginan, ponsel ini serius dengan struktur pendinginan 9 lapis. Jangan lupakan Awakening Aura Pro untuk indikator LED dan frekuensi inti CPU yang dapat disesuaikan dengan model GT 5.0.

Jika Anda suka mengendalikan perangkat lain di rumah, ada fitur Ir Blaster untuk pengendalian perangkat audio. Ponsel ini menawarkan dual speaker dengan dua mikrofon yang mendukung Dolby Atmos, ditambah dengan getaran motor linear (linear motor vibration).

BACA JUGA:Rilis! Realme Narzo 60x 5G Punya Dimensity 6100+, Kamera Ganda 50MP, Desain Ultra-Slim, Rp2 Jutaan Aja!

Ponsel ini tidak dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm dan slot kartu memori. Namun, perlu diingat bahwa kapasitas penyimpanan internalnya sudah cukup besar, sehingga kebutuhan akan memori tambahan bisa dikatakan relatif minimal.

Varian dan Harga

Realme GT5 menawarkan dua varian yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Varian pertama memiliki kapasitas baterai 5.200 mAh yang didukung oleh pengisian cepat 150 watt, dan varian kedua memiliki kapasitas baterai 4.600 mAh yang mendukung pengisian cepat hingga 240 watt.

Sumber: