Lebih dari Sekadar Idol K-Pop, Ini 3 Jabatan Sosial Siwon Super Junior

Lebih dari Sekadar Idol K-Pop, Ini 3 Jabatan Sosial Siwon Super Junior

Lebih dari Sekadar Idol K-Pop, Ini 3 Jabatan Sosial Siwon Super Junior-Choi Siwon personel boyband Super Junior-Instagram @siwon.here

Radar Jabar – Pentolan boyband asal Korea Selatan Super Junior yaitu Choi Siwon lebih dari sekadar idol K-Pop. Artis multitalenta satu ini juga ternyata memiliki tiga jabatan sosial di luar dunia hiburan.

 

Siwon bersama grupnya, Super Junior (Suju), telah berhasil menjadi salah satu boyband K-Pop yang sangat terkenal. Tingginya popularitas grup pelantun lagu ‘Mamacita’ ini tidak hanya di Korea Selatan melainkan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

 

Pria berusia 37 tahun tersebut juga terbilang aktif berkarier solo di industri hiburan selain sibuk manggung dengan rekan-rekan member Suju. Dia termasuk model, dan aktor yang kerap membintangi serial Drakor hingga film layar lebar.

 

BACA JUGA:Keluar dari SM Entertainment, Donghae dan Eunhyuk Super Junior Buat Agensi Sendiri

 

Tapi bukan hanya seorang idol K-Pop terkenal dan berbakat, Choi Siwon pun aktif dalam sejumlah aktivitas di luar industri entertainment. Melansir dari cnbcindonesia.com, berikut tiga jabatan sosial Siwon Super Junior.

 

1.      Duta Besar Regional untuk UNICEF Asia Timur dan Pasifik

Siwon resmi didapuk menjadi Duta United Nations Childern’s Fund (UNICEF) untuk Asia Timur dan Pasifik pada 2019. UNICEF merupakan organisasi di bawah paying Persatuan Bangsa-Bangsa yang bertujuan memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan kesejahteraan jangka panjang terhadap anak-anak dan ibunya di negara berkembang.

 

Menurut UNICEF, Choi Siwon adalah sosok berkomitmen terhadap isu anak-anak di dunia lewat perannya selaku Wakil Khusus UNICEF Korea.

 

“Komitmen teguhnya terhadap anak-anak dan status selebritasnya akan membantu UNICEF untuk menyampaikan pesan yang kuat kepada seluruh orang di dunia,” kata Director UNICEF Asia Timur dan Pasifik Karin Hulshof pada kala itu, dikutip dari cnbcindonesia.com.

 

BACA JUGA:Kamu Mau Keren Seperti Cewe Tomboy Korea? Atau Seperti Idol K-POP? Cobain Gaya Rambut Ini! Nomor 5 Terkeren!

 

2.      Duta Promosi Korea Selatan

Idol kelahiran 7 April 1986 tersebut baru dinobatkan sebagai Duta Promosi Korea Selatan dalam rangka 50 Tahun Hubungan Persahabatan Indonesia dan Korea Selatan.

 

Pelantikan Siwon sebagai Duta Promosi Korea Selatan dalam memperingati 50 Tahun Hubungan Indonesia-Korea Selatan berlangsung pada 10 April 2023. Menurut keterangan resmi Kemlu RI dikutip dari cnbcindonesia.com, acara pelantikan ini dihadiri oleh Gandi Sulistiyanto.

 

“Choi Siwon ditunjuk sebagai Duta Promosi Korea Selatan untuk memperingati 50 tahun hubungan antara Indonesia dan Korea Selatan oleh Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Park Jin,” bunyi keterangan resmi Kemlu RI.

 

3.      Penasihat Kampanye Anti Narkoba

Siwon resmi ditetapkan menjadi penasihat di Korea Association Against Drug Abuse pada Juli 2023 kemarin. Dengan perannya, putra dari Choi Ki Ho Presiden Direktur Boryung Medience itu akan mempromosikan asosiasi tersebut serta mengampanyekan gerakan anti narkoba.

 

BACA JUGA:Raih Kontrak Tahun 2022 & 2023 dari UNICEF, Bio Farma Ekspor Vaksin Polio (noPV2) untuk Kesehatan Global

 

Ketua Korea Association Against Drug Abuse, Choi Phil-yeo, (via Korea JoongAng Daily) menyebut penunjukkan Choi Siwon sebab sang idol punya dampak yang besar sebagai selebriti.

 

“Selebriti dan tokoh terkenal yang tertangkap menggunakan obat-obatan terlarang dapat membuat remaja meniru tindakan tersebut. Ini adalah masalah dalam masyarakat kita,” ujar Choi Phil-yeo.

 

“Saya senang bahwa Choi Siwon adalah artis yang saleh dan jujur. Sekarang duduk di garis depan pertempuran melawan obat-obatan terlarang,” sambungnya.

 

Itulah tiga jabatan yang diemban oleh Siwon Suju di luar industri K-Pop. Tentunya hal ini sangat membanggakan E.L.F, sebutan fans Super Junior, mengingat Siwon ternyata punya peran-peran penting dan positif.

Sumber: