7 Makanan Untuk Darah Tinggi yang Aman Dikonsumsi dan Sehat Untuk Tubuh!

7 Makanan Untuk Darah Tinggi yang Aman Dikonsumsi dan Sehat Untuk Tubuh!

7 Makanan Untuk Darah Tinggi yang Aman Dikonsumsi dan Sehat Untuk Tubuh!-Buah dan sayur merupakan makanan untuk darah tinggi yang sehat-Freepik

RADAR JABAR - Penderita darah tinggi terkadang memiliki masalah dalam pemilihan makanan. Namun, anda tak perlu khawatir untuk mengonsumsi 7 makanan untuk darah tinggi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah yang aman dikonsumsi.

Penyakit darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi yang umum di seluruh dunia dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Namun, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengelola darah tinggi, salah satunya adalah dengan mengatur pola makan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas makanan sehat dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan bagi penderita darah tinggi. Tentunya makanan berikut ini sehat untuk tubuh dan juga memiliki nutrisi dan manfaat yang baik.

Berikut Makanan Untuk Darah Tinggi yang Mampu Turunkan Tekanan Darah

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli mengandung kaya akan kalium yang membantu mengimbangi kadar sodium dalam tubuh. Sodium dapat meningkatkan tekanan darah, sementara kalium membantu menguranginya.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Dengan banyaknya serat mampu juga untuk menjaga kesehatan untuk tubuh. 

BACA JUGA:10 Buah-Buahan yang Mampu Meredakan Tekanan Darah Tinggi

2. Buah-Buahan Beri

Buah-buahan seperti blueberry, strawberry, dan raspberry mengandung flavonoid yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah. Mereka juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

3. Ikan Berlemak

Ikan seperti salmon, makarel, dan sarden adalah sumber yang baik untuk asam lemak omega-3. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan aliran darah. Konsumsi ikan berlemak secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Anda dapat menambahkan bawang putih ke berbagai hidangan seperti saus, sup, atau tumisan.

BACA JUGA:11 Minuman Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Ada Air Kelapa yang Mudah Ditemukan

5. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang mete adalah sumber yang kaya akan magnesium. Magnesium membantu mengendalikan tekanan darah dengan mengendalikan kontraksi otot dan fungsi saraf. Mereka juga mengandung serat dan protein yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

6. Oatmeal

Oatmeal mengandung beta-glukan, sejenis serat larut yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Makan oatmeal sebagai sarapan yang sehat dapat membantu menjaga tekanan darah Anda tetap stabil sepanjang hari.

7. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin, senyawa yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Minum teh hijau secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan jangka panjang.

BACA JUGA:10 Makanan Penurun Darah Tinggi pada Penderita Hipertensi

Sumber: