Gak Perlu Obat Kimia! Minum 5 Jamu Untuk Asam Urat Lebih Sehat dan Alami

Gak Perlu Obat Kimia! Minum 5 Jamu Untuk Asam Urat Lebih Sehat dan Alami

Gak Perlu Obat Kimia! Minum 5 Jamu Untuk Asam Urat Lebih Sehat dan Alami-Jahe salah satu jamu untuk asam urat-Freepik/Jcomp

RADAR JABAR - Untuk mengatasi asam urat, anda bisa meminum 5 jamu untuk asam urat yang bisa mencegah penggunaan obat kimia. Mengobati asam urat dengan jamu memang sudah dilakukan sejak lama serta memiliki khasiat yang baik untuk tubuh.

Asam urat adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika kadar Asam urat dalam tubuh meningkat secara abnormal. Kondisi ini bisa sangat mengganggu kualitas hidup seseorang karena dapat menyebabkan nyeri sendi, pembengkakan, dan bahkan kerusakan sendi yang serius.

Meskipun terdapat berbagai jenis obat yang digunakan untuk mengobati asam urat, beberapa orang lebih suka mencari alternatif alami seperti jamu. Untuk mengatasi asam urat biasanya orang-orang lebih memilih jamu sebagai salah satu minuman sehat yang bisa mengatasi asam urat.

Jamu adalah minuman alami dari bahan herbal tradisional Indonesia yang telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai kondisi kesehatan. Beberapa bahan alami dalam jamu telah dikaitkan dengan potensi untuk membantu mengatasi asam urat.

Berikut 5 Jamu Untuk Asam Urat yang Berkhasiat untuk Tubuh

Berikut beberapa bahan jamu yang dikenal memiliki khasiat dalam mengatasi asam urat. Tentunya dengan mengonsumsi jamu ini selain mengatasi asam urat, jamu juga memberikan berbagai khasiat yang baik untuk tubuh. 

1. Jahe 

Jahe memiliki sifat antiinflamasi alami yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi yang seringkali terkait dengan asam urat. Bahan dasar dari jamu ini sangat populer karena memberikan kehangatan pada tubuh.

Jahe juga memiliki senyawa gingerol yang bersifat antiinflamasi yang kuat untuk membantu mengurangi peradangan pada sendi yang sering terjadi pada penderita asam urat. Selain itu pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mencegah pembentukan kristal asam urat dalam sendi. yang merupakan salah satu penyebab utama nyeri dan peradangan pada asam urat.

BACA JUGA:6 Ramuan Jamu Awet Muda, Bikin Kulit Kencang Alami!

2. Kunyit 

Kunyit memiliki senyawa kurkumin yang memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan dalam tubuh yang sering dialami oleh penderita asam urat. Selain itu senyawa kurkumin juga memiliki sifat analgesik yang dapat membantu meredakan nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat.

Selain itu pada beberapa penelitian laboratorium menunjukkan bahwa kurkumin dapat menghambat pembentukan kristal asam urat, yang merupakan penyebab utama nyeri sendi pada asam urat. Kurkunin juga memiliki peran sebagai antioksidan yang kuat untuk meindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas.

BACA JUGA:Pasti Lebih Sehat! Ini 5 Bahan Jamu Penurun Gula Darah Berlebih

3. Temulawak

Pada temulawak terdapat zat kurkuminoid yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang seringkali menjadi penyebab utama nyeri sendi pada penderita asam urat. Mengurangi peradangan tentunya dapat membantu meredakan gejala asam urat.

Sumber: