Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Jalan Sudirman Saat Delegasi dari KTT ASEAN Melintas

Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Jalan Sudirman Saat Delegasi dari KTT ASEAN Melintas

Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Jalan Sudirman Saat Delegasi dari KTT ASEAN Melintas-Personel dinas perhubungan dan kepolisian menutup sementara arus lalu lintas saat ada sejumlah kendaraan dari delegasi negara Kamboja di ruas Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (4/9)-ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

RADAR JABAR - Personel kepolisian telah memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem buka-tutup jalan ketika peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN melintasi di Jalan Jenderal Sudirman pada Senin (4/9). Para peserta tersebut tengah menuju Jakarta Convention Centre (JCC) yang berada di Senayan, Jakarta.

AKP Supratman selaku perwira yang berjaga di Pos Polisi Simpang Susun Semanggi menyebutkan abhwa rekayasa lalu lintas tersebut dilakukan untuk menyesuaikan ketika adanya delegasi ataupun kepala KTT Ke-42 ASEAN tengah melintas.

"Kita rekayasa sementara. Kalau jadwalnya sudah ada, tapi kami berpatokan saja sama komunikasi arahan radio" uajrnya.

BACA JUGA:KTT ASEAN ke-43 Gunakan Pasokan Listrik PLTGU Demi Kurangi Polusi di Jakarta

Untuk sistem buka-tutup sendiri diberlakukan pada pukul 07.45 WIB di Jalan Jenderal Sudirman yang tepatnya berada di depan Jalan Pintu Gelora Bung Karno. Saat itu terdapat sejumlah kendaraan dari delegasi negara Kamboja.

Ketika penutupan jalan, para personel kepolisian serta dinas perhubungan telah menghentikan sementara arus lalu lintas yan berasal dari arah Patung Pemuda. Penutupan jalan tersebut berkisar selama satu menit.

BACA JUGA:Zulkifli Hasan Usulkan ASEAN Untuk Kaji Impor Gandum Rusia via Tiongkok-India

Rekayasa jalan juga sempat diberlakukan di Simpang Susun Semanggi yang berlangsung sekitar pukul 08.30. Saat itu kendaraan yang berasal dari Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke utara melalui Jalan Sudirman dihentika sementara ketika adanya delegasi negara peserta KTT Ke-43 ASEAN yang tengah melintas.

Adapun rekayasa lalu lintas yang telah diberlakuan ketika pagi hari yang bertepatan dengan jam sibuk masyarakat ketika berangkat kerja. Kepadatan kendaraan di Jalan Jenderal Sudirman dan sekitarnya telah kembali ketika kondisi jalanan normal.

BACA JUGA:Rayakan HUT Ke-56 ASEAN, Presiden Ajak Duta Besar Naiki MRT

Arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman yang mengarah ke utara kini sudah berada dalam kondisi lancar, meskipun beberapa kali diberlakukan buka-tutup. Sejumlah polisi juga telah tetap bersiaga untuk mengamankan arus allu lintas ketika adanya delegasi atau kepala negara yang melintas.

Diketahui bahwa Jalan Jenderal Sudirman telah menajdi salah satu dari 29 ruas jalan raya di Jakarta yang terkena rekayasa lalu lintas ketika pelaksanaan KTT Ke-43 ASEAN. Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga telah menyiapkan jalur alternatif ketika 29 ruas jalan tersebut tengah diberlakukan rekayasa lalu lintas, menyesuaikan dengan enam likasi acara KTT Ke-43 ASEAN.*

Sumber: antara