Kenali 8 Manfaat Kulit Manggis, Bisa Turunkan Kadar Gula Berlebih!

Kenali 8 Manfaat Kulit Manggis, Bisa Turunkan Kadar Gula Berlebih!

Kenali 8 Manfaat Kulit Manggis, Bisa Turunkan Kadar Gula Berlebih!-Manfaat kulit manggis dengan sejuta manfaat-Freepik/Jcomp

RADAR JABAR - Manfaat kulit manggis memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu mampu untuk menurunkan kadar gula darah berlebih yang dapat memicu terjadinya diabetes.

Kulit manggis (Garcinia mangostana) telah lama dikenal dalam dunia pengobatan tradisional Asia sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat kesehatan. Meskipun buahnya yang lezat dan bermanfaat telah mendapatkan banyak perhatian, ternyata kulitnya juga memiliki potensi luar biasa dalam mendukung kesehatan dan kecantikan.

Berbeda dari buahnya yang memiliki rasa manis, kulit manggis justru memiliki rasa yang sangat pahit. Meskipun rasanya, jangan sepelekan manfaat yang terdapat pada kulit manggis.

Berikut Manfaat Kulit manggis yang Punya Nutrisi yang Baik Untuk Tubuh

1. Kaya Akan Antioksidan

Kulit manggis mengandung senyawa polifenol, seperti xanthones, yang memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penuaan dini serta berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Senyawa dalam kulit manggis, terutama xanthones, memiliki potensi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meningkatnya daya tahan tubuh membantu melawan infeksi dan penyakit, serta menjaga tubuh tetap sehat.

3. Menyokong Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa kulit manggis dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Senyawa xanthones dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif dalam pembuluh darah, yang berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik.

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Inilah 5 Manfaat Kulit Manggis untuk Menangani Masalah Asam Lambung!

4. Potensi Anti-inflamasi

Kulit manggis memiliki potensi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh berkat sifat anti-inflamasinya. Ini dapat bermanfaat bagi individu yang menderita penyakit inflamasi kronis, seperti arthritis.

5. Dukungan Pencernaan

Beberapa senyawa dalam kulit manggis dapat membantu merangsang enzim pencernaan dan mempromosikan kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Ini dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, seperti sembelit.

BACA JUGA:10 Manfaat Luar Biasa Kulit Manggis Bagi Kesehatan Tubuh, Simak Penjelasannya!

6. Perawatan Kulit Alami

Kulit manggis juga dapat digunakan dalam perawatan kulit alami. Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi dalam kulit manggis dapat membantu mengurangi kerusakan akibat paparan lingkungan dan meredakan peradangan pada kulit. Ini dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

7. Potensi Antikanker

Meskipun penelitian pada manusia masih terbatas, beberapa penelitian laboratorium menunjukkan bahwa senyawa xanthones dalam kulit manggis memiliki potensi dalam melawan pertumbuhan sel kanker dan mencegah penyebarannya. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan efek ini pada manusia.

8. Mengatur Kadar Gula Darah Berlebih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam kulit manggis dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini berpotensi bermanfaat bagi individu dengan diabetes tipe 2.

Dengan meningkatkan sensitivitas insulin, tentunya dapat mengurangi terjadinya resiko diabetes yang dipicu dari tingginya kadar gula darah di tubuh.

Sumber: