10 Tips Olahraga Untuk Turunkan Gula Darah Berlebih

10 Tips Olahraga Untuk Turunkan Gula Darah Berlebih

10 Tips Olahraga Untuk Turunkan Gula Darah Berlebih-Untuk menurunkan gula darah anda perlu tips olahraga untuk turunkan gula darah berlebih-Freepik

RADAR JABAR - Bagi yang memiliki gejala diabetes anda harus memperhatikan tips olahraga untuk turunkan gula darah berlebih. Tentunya dengan berolahraga selain membuat tubuh sehat, olahraga juga mampu menurunkan gula darah berlebih di tubuh.

Olahraga merupakan alat yang kuat dalam mengelola gula darah bagi individu dengan diabetes. Namun, memilih jenis Olahraga yang tepat dan menjaga konsistensi sangat penting.

Untuk menurunkan gula darah berlebih, anda juga harus memperhatikan beberapa hal ini sebelum berolahraga agar mendapatkan hasil yang optimal. Berikut 10 tips olahraga untuk turunkan gula darah berlebih pada tubuh.

1. Konsultasi dengan Dokter

Sebelum memulai program olahraga baru, konsultasikan dengan dokter ataupun profesional. Ini penting untuk memastikan bahwa olahraga yang anda pilih sesuai dengan kondisi kesehatan,serta tidak menyebabkan risiko yang tidak diinginkan.

2. Pilih Olahraga yang Anda Nikmati

Pilih aktivitas fisik yang Anda nikmati, sehingga anda lebih termotivasi untuk melakukannya secara konsisten. Salah satunya yaitu dengan berjalan kaki, berlari, bersepeda, berenang, atau bahkan latihan di gym.

3. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Tetapkan tujuan yang realistis dan terukur. Mulailah dengan target yang dapat dicapai dan tingkatkan secara bertahap.

Tujuan yang terlalu ambisius dapat membuat anda kehilangan motivasi. Karena itu, anda juga harus menentukan targen yang tidak terlalu tinggi, lalu menaikan target secara bertahap.

BACA JUGA:Yuk Kenali, 10 Manfaat Olahraga Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Berlebih

4. Rutin dan Konsisten

Konsistensi sangat penting dalam menjaga gula darah stabil. Tetapkan jadwal rutin untuk berolahraga, baik itu harian, beberapa kali seminggu, atau sesuai yang Anda mampu.

Tentunya dengan melakukan olahraga dengan rutin membuat anda terbiasa dan perlahan-lahan akan menjadi kebiasaan. Jika tubuh sudah terbiasa untuk olahraga, maka anda dapat menurunkan kadar gula darah anda.

5. Kombinasi Latihan Aerobik dan Kekuatan

Anda juga dapat mengombinasikan latihan aerobik dan kekuatan dalam berolahraga. Tentunya dengan kombinasi ini dapat menurunkan kadar gula darah yang berlebihan.

Kombinasikan latihan aerobik (misalnya berjalan cepat, berlari, bersepeda) dengan latihan kekuatan (angkat beban atau latihan tubuh bagian atas). Kedua jenis latihan ini memiliki manfaat yang berbeda dalam mengatur gula darah.

6. Pantau Gula Darah

Pantau gula darah sebelum dan setelah berolahraga untuk melihat bagaimana tubuh anda merespons aktivitas fisik. Ini membantu anda memahami pola perubahan gula darah dan menyesuaikan program olahraga Anda.

7. Jaga Asupan Karbohidrat

Seimbangkan asupan karbohidrat sebelum dan sesudah olahraga. Makan camilan yang mengandung karbohidrat setelah olahraga dapat membantu mengembalikan cadangan energi dan mencegah gula darah rendah.

Sumber: