Cara Dapat Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Ridwan Kamil Beri Tahu Bocorannya!

Cara Dapat Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Ridwan Kamil Beri Tahu Bocorannya!

Cara Dapat Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB)-Dery Ridwansah/JawaPos.com-

KCJB direncanakan akan diperlengkapi dengan empat stasiun pendukung serta satu depo. Stasiun-stasiun tersebut meliputi Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar yang juga berfungsi sebagai depo.

Stasiun Padalarang akan memiliki peran sentral sebagai stasiun hub yang menghubungkan layanan kereta cepat dengan jaringan kereta api lainnya.

Fungsinya adalah melayani penumpang dari wilayah barat Bandung dan pusat kota Bandung.

Sementara Bandung bagian timur dilayani dari Stasiun Tegalluar.

Sekilas Tentang Kereta Cepat Jakarta Bandung

Berdasarkan informasi resmi dari situs KCIC, perjalanan dan kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dijalankan menggunakan model terbaru kereta cepat bernama CR400AF.

CR400AF merupakan jenis kereta yang dikembangkan dari tipe CRH380A oleh perusahaan CRRC Qingdao Sifang. Dimensi CR400AF meliputi lebar 3,36 meter dan tinggi 4,05 meter, dengan panjang bagian depan kereta mencapai 27,2 meter dan bagian tengah 25 meter.

Selain memiliki kemampuan beroperasi dalam cuaca ekstrem dan iklim tropis, CR400AF juga dirancang untuk mengatasi kontur geografis lintasan Jakarta-Bandung yang banyak menanjak.

Dengan daya pendorong sebesar 9750 kW untuk setiap rangkaian, CR400AF mampu memberikan percepatan yang lebih baik saat melintasi lintasan dengan kemiringan hingga 30 per mil.

Di situasi darurat, CR400AF juga dapat digunakan untuk menarik kereta lain walaupun dalam kondisi dengan lereng atau kemiringan sekitar 12 per mil.

Satu set kereta CR400AF terdiri dari delapan unit kereta, yang terdiri dari empat kereta bermotor dan empat kereta tanpa motor.

Dengan susunan seperti ini, kereta CR400AF memiliki kemampuan untuk mencapai kecepatan desain sekitar 420 kilometer per jam, sementara kecepatan operasionalnya mencapai 350 kilometer per jam.

Dengan kecepatan yang begitu tinggi, kereta CR400AF akan mampu menempuh jarak 142,3 kilometer antara Jakarta dan Bandung dalam waktu 36 menit untuk perjalanan non-stop, dan sekitar 46 menit jika melibatkan berhenti di setiap stasiun dalam perjalanan.

Sumber: