Total Kerugian Akibat Kebakaran TPA Sarimukti, BNPB Terus Lakukan Upaya Pemadaman

Total Kerugian Akibat Kebakaran TPA Sarimukti, BNPB Terus Lakukan Upaya Pemadaman

helikopter dari BNPB mengudara selama untuk padamkan kebakaran di TPA Sarimukti-Jabar Ekspres-

RADAR JABAR - Kebakaran di TPA Sarimukti yang terjadi selama lebih dari satu minggu terakhir telah mengakibatkan sejumlah kerugian yang cukup besar.

Sebelumnya telah diinformasikan bahwa TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Sarimukti di daerah Bandung Barat, Jawa Barat, mengalami kebakaran hebat.

Kebakaran besar ini telah berlangsung sejak tanggal 19 Agustus 2023, dan berbagai usaha telah dilakukan untuk memadamkan api.

Dampak dari kebakaran gunungan sampah di TPA Sarimukti tersebut telah mulai terasa oleh masyarakat dalam bentuk kerugian yang nyata.

Jumlah Kerugian Akibat Kebakaran TPA Sarimukti

Ternyata, kebakaran dahsyat di TPA Sarimukti ini menghasilkan berbagai bentuk kerugian. Salah satu dampak yang muncul dari kebakaran hebat tersebut adalah penyebaran asap oleh angin ke wilayah pemukiman penduduk yang terletak di sekitar TPA.

BACA JUGA:Imbas TPA Sarimukti Bermasalah, 60 Ton Sampah di Bandung Barat Menumpuk

Tak hanya mencapai pemukiman, asap dari kebakaran TPA juga telah menyerang sistem pernapasan warga setempat.

Dampak ini menyebabkan banyak penduduk mengalami kesulitan bernapas dan merasakan ketidaknyamanan di tenggorokan akibat terpapar asap tersebut.

Di samping itu, warga merasakan mata perih karena dampak asap dari kebakaran di TPA Sarimukti tersebut.

Situasi ini mengindikasikan bahwa pengaruh asap dari kebakaran sampah di TPA memiliki dampak yang serius.

Faktanya, jarak antara TPA Sarimukti dan pemukiman terdekat lebih dari 3 km, namun kekuatan angin telah memungkinkan asap untuk menyebar dengan cepat dan luas.

Untuk mencegah warga terus menghirup asap yang dapat berdampak negatif pada kesehatan, penduduk yang tinggal di sekitar TPA Sarimukti diminta untuk menggunakan masker.

BACA JUGA:Kisah Sopir Pengangkut Sampah di TPA Sarimukti

Berita melaporkan bahwa saat ini efek buruk dari asap akibat kebakaran di TPA telah mencapai tiga desa di sekitar TPA Sarimukti, yang dihuni oleh sekitar 3-12 ribu penduduk.

Sumber: