Alasan Pemerintah Ajak Masyarakat Gunakan BBM Pertamax

Alasan Pemerintah Ajak Masyarakat Gunakan BBM Pertamax

Ternyata Ini Alasan Pemerintah Ajak Masyarakat Gunakan BBM Pertamax-Ilustrasi/Pixabay-

RADAR JABAR - Pemerintah saat ini sedang merencanakan untuk menerapkan kebijakan subsidi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis RON 92, yang juga dikenal sebagai Pertamax.

Menurut pernyataan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Dadan Kusdiana, tujuan dari kebijakan ini adalah untuk mendorong penduduk agar beralih menggunakan jenis BBM yang lebih ramah terhadap lingkungan.

"Selama ini, pemerintah hanya memberikan subsidi untuk BBM dengan RON 90 atau Pertalite. Nah, saat ini tengah membahas wacana untuk memberikan subsidi pada BBM jenis Pertamax," kata Dadan di Jakarta, Sabtu 26 Agustus 2023.

Dadan menekankan bahwa salah satu maksud dari subsidi yang diberikan kepada BBM RON 92 adalah untuk mengurangi dampak polusi udara di wilayah Jakarta.

BACA JUGA:Penyebab Kenaikan Terungkap! Daftar Harga BBM yang Naik Per Agustus dan Sepetember 2023

"Pola konsumsi masyarakat yang mayoritas masih menggunakan BBM dengan RON rendah dan masih kurang kesadaran untuk memakai BBM RON tinggi," ujarnya.

Menurutnya, penggunaan BBM dengan tingkat oktan yang lebih tinggi akan mengakibatkan pembakaran dengan emisi yang lebih rendah.

"Secara teknis makin tinggi angka oktan pembakarannya makin bagus. Kalo pembakaran makin bagus, emisinya akan semakin sedikit,” terangnya

Sejalan dengan itu, Kementerian ESDM sedang dalam tahap diskusi internal mengenai kemungkinan menghapus subsidi untuk BBM jenis Pertalite, dengan niat mengalihkan sumber daya tersebut untuk mensubsidi BBM yang memiliki tingkat RON yang lebih tinggi.

"Jadi, nanti segara akan ada dari Pak Menteri (Arifin Tasrif) tapi kami masih bahas di internal," pungkasnya.

Sumber: