5 Manfaat Jahe dan Madu untuk Kesehatan, Termasuk Melindungi Kesehatan Jantung!

5 Manfaat Jahe dan Madu untuk Kesehatan, Termasuk Melindungi Kesehatan Jantung!

5 Manfaat Jahe dan Madu untuk Kesehatan, Termasuk Melindungi Kesehatan Jantung!-Ilustrasi 5 Manfaat Jahe dan Madu untuk Kesehatan, Termasuk Melindungi Kesehatan Jantung!-iStockphoto

Radar Jabar – Jahe dan madu adalah jenis rempah serta minuman alami dengan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Total ada lima manfaat jahe dan madu untuk kesehatan, dengan salah satunya bisa melindungi kesehatan jantung.

 

Melansir dari laman Kemenkes, jahe adalah salah satu tanaman obat tradisional paling populer yang tidak terlepas dari manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan mengurangi gejala berbagai penyakit. Minuman jahe selain bercita rasa enak juga punya banyak manfaat khususnya mengandung antibiotik alami yang mampu mengobati kendala perut seperti perut mual.

 

Adapun madu merupakan bahan alami bercita rasa manis yang dihasilkan oleh lebah, baik itu nectar atau cairan yang berasal dari berasal dari bagian-bagian tanaman hidup. Mengutip dari laman bappeda.ntbprov.go.id, madu dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit, juga digunakan di bidang kedokteran sebagai anti bakteri dalam perawatan luka dan infeksi.

 

BACA JUGA:Rajin Mengkonsumsi Jahe Merah? Inilah 6 Manfaat dan Khasiat dari Jahe Merah

 

Dengan kebaikan manfaat baik dari jahe dan madu, jelas mencampurkan keduanya akan menjadi lebih baik lagi. Melansir dari cnnindonesia.com, inilah manfaat kesehatan yang bisa didapat ketika mencampur madu serta jahe menjadi satu.

 

1. Tingkatkan Imunitas Tubuh

Campuran kedua rempah-rempah tersebut mampu melindungi tubuh dari virus yang menyebabkan batuk, flu, hingga demam. Menurut Mashed, madu bisa membantu melonggarkan lender yang menyumbat saluran pernafasan, sedangkan jahe dapat mengurangi peradangan serta bisa membuang lender yang sudah dilonggarkan berkat madu.

 

Cara mendapat seluruh manfaat tersebut, cukup panaskan air, tambahkan dua sendok teh air jahe dan dua setengah sendok teh madu. Konsumsi minuman ini empat kali sehari, dijamin akan memberikan rasa lebih nyaman pada tenggorokan kalian.

 

BACA JUGA:Rahasia Sukses Diet Sehat: Jahe, Penekan Nafsu Makan Berlebih, Berikut Manfaatnya!

 

2. Melancarkan Pencernaan

 

Sudah rahasia umum jahe sering diandalkan sebagai salah satu pengobatan alternatif di India dan China untuk mengobati masalah lambung seperti perut kembung, mual, dan muntah.

 

Berdasarkan berbagai sumber, madu pun dipercaya bisa menjadi salah satu pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan. Campuran madu dan jahe mampu membantu pencernaan lebih sehat.

 

3. Pereda Mual

Teh jahe dicampur dengan madu punya efek meredakan mual. Campuran teh ini ampuh bagi orang-orang yang sering mual di waktu pagi atau muntah-muntah saat masa kehamilan.

 

BACA JUGA:Kandungan dan Manfaat Niacinamide dalam Skincare: Keajaiban Vitamin untuk Kulit Anda Yang Mempesona

 

4. Tinggi akan Antioksidan

Sifat antioksidan yang terkandung dalam madu dan jahe cukup kuat. Kedua rempah-rempah ini sanggup melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memberikan perlindungan terhadap beragam penyakit berbahaya.

 

5. Melindungi Kesehatan Jantung

Antioksidan dari campuran jahe dan madu pun ternyata dipercaya dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Menurut Organic Fact, campuran madu dan jahe mampu meredakan ketegangan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah yang berpotensi menyebabkan serangan jantung sampai stroke.

 

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Asam Jawa yang Menarik Perhatian, Salah Satunya Dapat Menurunkan Berat Badan

 

Demikianlah informasi seputar ada lima manfaat jahe dan madu untuk kesehatan. Terlihat bahwa keduanya memiliki beragam manfaat mulai dari anti peradangan sampai diyakini mampu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

 

Maka dari itu kalian bisa mulai minum atau mengonsumsi campuran jahe dan madu ya, selamat mencoba dan semoga sehat selalu.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: