7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Perawatan Kulit Agar Makin Cerah

7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Perawatan Kulit Agar Makin Cerah

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah dan Kulit-Freepik-

RADAR JABAR - Orang yang suka mencari perawatan wajah alami sebaiknya mencoba menggunakan jeruk nipis yang merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Karena ternyata sederet manfaat jeruk nipis untuk perawatan wajah.

Antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis mampu melindungi tubuh dengan cara mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya, jeruk nipis juga menjadi buah yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Namun, tahukah Anda bahwa selain baik untuk kesehatan, jeruk nipis yang memiliki rasa asam ini juga memiliki manfaat dalam dunia kecantikan, khususnya untuk wajah. Berikut ini adalah tujuh manfaat jeruk nipis untuk wajah

7 manfaat jeruk nipis untuk Wajah

Berikut adalah sederet manfaat jeruk nipis yang bisa digunakan sebagai masker untuk perawatan wajah agar lebih cerah dan bersinar.

1. Menghilangkan flek hitam

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan dari jeruk nipis adalah bisa menghilangkan flek hitam di wajah. Jus jeruk nipis dianggap sebagai zat pemutih alami karena sifat pencerah kulitnya. Buah ini bisa digunakan untuk menyamarkan flek hitam.

BACA JUGA:Jangan Salah, Cara Memilih Toner yang Tepat Sesuai 4 Jenis Kulit Wajah

Caranya adalah dengan mengoleskan jus jeruk nipis menggunakan bola kapas pada bagian kulit yang gelap, dan biarkan selama 30 menit. Pastikan Anda tetap berada di dalam ruangan dan menghindari paparan sinar matahari langsung.

2. Menjaga kelembaban kulit

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis terbukti dapat mencegah kulit kehilangan banyak air, terutama di wajah. Hal ini membuat kekenyalan dan kelembaban kulit bisa tetap terjaga. Selain itu, jeruk nipis juga mampu mencegah kulit menjadi terlalu berminyak atau kering.

3. Mencegah dan mengatasi jerawat

Bagi pemilik tipe kulit wajah yang mudah berjerawat, masker jeruk nipis bisa mempunyai manfaat yang baik. Jeruk nipis mengandung banyak antibiotik yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kandungan jeruk nipis juga dapat mengontrol produksi minyak alami kulit, sangat cocok untuk tipe kulit berminyak. Untuk hasil maksimal, cobalah mencampurkannya dengan madu.

4. Menyamarkan bekas luka

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga mempercepat penyembuhan luka dan menyamarkan bekas luka. Tidak hanya di wajah, jeruk nipis juga mempunyai manfaat menghilangkan bekas luka di bagian tubuh lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan gel vitamin C ke kulit setiap hari selama enam bulan dapat membuat bekas luka operasi menjadi samar.

5. Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen adalah protein alami yang menjadi bahan pembentuk kulit, rambut, otot, dan tendon. Produksi kolagen dalam tubuh melambat seiring bertambahnya usia. Untuk mendorong pertumbuhan kolagen baru, mengoleskan vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis ke wajah bisa menjadi solusi.

6. Mencerahkan kulit

Sumber: