10 Tools AI yang Bermanfaat untuk Mahasiswa, Bisa Kerjakan Tugas Lebih Cepat!

10 Tools AI yang Bermanfaat untuk Mahasiswa, Bisa Kerjakan Tugas Lebih Cepat!

Tools AI yang Bermanfaat untuk Mahasiswa-Freepik-

Selanjutnya, tools AI yang bermanfaat untuk mahasiswa adalah Narakeet. AI ini dapat membantu mengubah slide PowerPoint menjadi video. Selain itu, AI ini juga dapat mengubah teks yang ada di dalam slide menjadi suara yang mendukung 90 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

BACA JUGA:Sinopsis Detective Conan: Black Iron Submarine, Angkat Teknologi AI Sebagai Pemecahan Kasus

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mengupload file presentasi dalam format PPT, kemudian secara otomatis AI ini akan membuatkan video dari PowerPoint tersebut.

4. Semantic Scholar

Semantic Scholar AI akan membantu Anda dalam mencari artikel jurnal sesuai dengan yang Anda butuhkan. Cukup ketikkan topik atau kata kunci dari artikel yang akan Anda cari, kemudian secara otomatis Semantic Scholar akan mencarikan berbagai artikel sesuai dengan kata kunci atau topik yang Anda ketik tadi.

Hal ini sama seperti Google Scholar atau Google Cendekia, namun di sini Anda juga diberikan link untuk menuju daftar rujukan dari artikel yang telah Anda pilih. Anda juga dapat mendownload artikel rujukan tersebut.

Selain itu, Anda akan diberikan rekomendasi artikel yang terkait dengan topik yang Anda cari, sehingga memudahkan Anda dalam mengumpulkan artikel sesuai dengan topik yang Anda cari. Tentu saja tools AI ini akan bermanfaat untuk para mahasiswa.

5. Copy.ai

Untuk yang ingin menulis artikel namun bingung mau menulis apa, AI ini bisa membantu Anda dalam membuat artikel secara otomatis. Cukup ketikkan judul dan poin-poin yang ingin ada di artikel Anda, maka secara otomatis AI ini akan membuatkan artikel sesuai dengan judul dan topik yang Anda sudah diminta.

Hasil artikel yang dibuat ada yang berbahasa Inggris dan juga ada yang berbahasa Indonesia, sehingga bisa memilih mana yang Anda sukai. Untuk para mahasiswa, tentu tolls AI ini akan bermanfaat terutama untuk tugas membuat makalah.

6. Grammarly

Apabila Anda ingin memperbaiki tata bahasa dalam artikel Anda, terutama untuk artikel berbahasa Inggris, Anda bisa menggunakan AI ini. Caranya cukup dengan copy-paste teksnya atau mengupload filenya. Grammarly akan secara otomatis memperbaiki tata bahasa yang ada dalam artikel tersebut.

7. Quillbot.com

Quillbot.com.com.com akan membantu Anda dalam memparafrase artikel atau teks yang Anda miliki, sehingga mengurangi plagiasi dari artikel Anda. Anda bisa mengupload file atau langsung copy-paste teks, kemudian Quillbot akan secara otomatis mengubah atau memparafrase beberapa kata yang ada dalam artikel tersebut.

8. Smodin.io

Smodin akan membantu Anda dalam meringkas isi dari artikel atau materi dalam bentuk teks. Anda tinggal copy-paste saja bagian yang ingin Anda ringkas. Namun, untuk artikel, Anda tidak bisa merangkas semuanya dalam satu langkah. Pilihlah bagian yang akan di ringkas saja.

Hasil dari ringkasan AI ini cukup bagus, meskipun terkadang masih ada yang tidak sesuai karena masih dalam pengembangan. Namun, di masa depan, kami yakin AI ini akan menjadi cukup canggih dalam meringkas isi dari artikel. Selain itu, ada berbagai fitur lainnya yang ada di Smodin, seperti cek plagiarisme, membuat esai, menulis dan mengubah artikel, dan lainnya.

9. Talk to Books

AI berdomain books.google.com/talktobooks ini akan membantu Anda khususnya para mahasisea dalam menemukan rekomendasi buku sesuai dengan yang dibutuhkan. Caranya cukup dengan mengetikkan kata kunci atau pertanyaan terkait topik yang ingin Anda cari, kemudian secara otomatis AI ini akan mencarikan rekomendasi buku yang sesuai dengan topik yang dicari.

Namun, untuk saat ini masih kurang efektif dalam mencari buku-buku berbahasa Indonesia karena masih dalam tahap pengembangan. Namun, AI ini cukup efektif untuk mencari buku-buku berbahasa Inggris.

10. Chat GPT

Tidak hanya untuk mahasiswa saja, untuk AI yang bermanfaat satu ini kami yakin banyak dari kalian yang sudah tahu karena saat ini sedang viral. Kalian bisa bertanya apa saja kepada Chat GPT, kemudian mereka akan menjawab pertanyaan secara lengkap.

Sumber: