10 Tools AI yang Bermanfaat untuk Mahasiswa, Bisa Kerjakan Tugas Lebih Cepat!

10 Tools AI yang Bermanfaat untuk Mahasiswa, Bisa Kerjakan Tugas Lebih Cepat!

Tools AI yang Bermanfaat untuk Mahasiswa-Freepik-

RADAR JABAR – Kabar baik untuk kalian yang sedang menempuh pendidikan, karena ada 10 tools AI yang bermanfaat untuk mahasiswa dan pelajar.

Sebagai seorang mahasiswa pasti akan disibukkan dengan pembuatan tugas yang telah diberikan oleh dosen. Perlu melalui beberapa tahap penelitian untuk mengerjakannya.

Tak ada salahnya menggunakan tools AI untuk mengerjalan tugas kuliah selama kalian memahami langkah demi langkah tugas yang kalian kerjakan.

Berbagai macam produk digital yang menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) digunakan untuk membantu manusia di berbagai bidang seperti industri pemasaran, bisnis, pendidikan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:5 Website AI yang Berguna untuk Pekerjaan, Bisa Kerja 5x Lipat Lebih Cepat!

Di bidang pendidikan, terdapat berbagai AI yang bermanfaat bagi para mahasiswa. Dalam video ini, akan dijelaskan 10 AI yang bermanfaat untuk mahasiswa.

10 Tools AI yang Bermanfaat untuk Mahasiswa

Berikut adalah tools AI yang akan sangat berguna untuk para mahasiswa dan pelajar yang sedang menempuh pendidikan:

1. SpeechTech.ai

Sebagai alat AI, SpeechTech.ai bisa digunakan untuk mengubah audio atau video menjadi teks. AI ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang ingin mencatat materi pembelajaran yang dilakukan secara daring, baik melalui video conference seperti Zoom, atau melalui platform lain seperti YouTube.

Kalian cukup merekam video pembelajaran pada bagian materi apabila menggunakan platform video conference seperti Zoom, atau kalian bisa langsung mendownload video pembelajaran jika diunggah melalui YouTube. Selanjutnya, hasil video yang didownload bisa diunggah di website SpeechTech.ai. Pilih bahasa sesuai dengan videonya, kemudian klik transkrip.

BACA JUGA:VIRAL! Lebih dari 300 Jemaat di Jerman Hadiri Gereja yang Dipimpin AI ChatGPT

Maka secara otomatis, AI ini akan mentranskrip video yang kalian upload menjadi teks. Hasil transkrip bisa kalian download dalam berbagai jenis format seperti txt, dokumen PDF, RTF, dan lain sebagainya.

Hasil transkrip AI ini cukup bagus dan rapi, namun untuk versi yang gratis, kalian hanya bisa mentranskrip video berdurasi 15 menit. Apabila lebih dari itu, kalian harus mengupgrade akun kalian menjadi akun premium.

2. Send Steps

AI Send Steps akan membantu kalian dalam membuat bahan presentasi dalam bentuk PowerPoint secara otomatis. Kalian cukup mengetikkan topik atau judul yang ingin kalian presentasikan, kemudian AI ini secara otomatis akan membuat konten sesuai dengan topik dan judul yang kalian ketikkan tadi.

Sayangnya, untuk saat ini belum tersedia dalam bahasa Indonesia, namun kalian bisa menggunakan bahasa Inggris terlebih dahulu. Hasil konten PowerPoint yang dibuat oleh AI ini menurut saya sudah cukup bagus, disertai dengan gambar-gambar yang secara otomatis dipilihkan oleh AI, menyesuaikan dengan konten yang telah dibuat.

3. Narakeet.com

Sumber: