Rumor Konsol Penerus Nintendo Switch Meluncur pada 2024, Bukan Usung Layar OLED?

Rumor Konsol Penerus Nintendo Switch Meluncur pada 2024, Bukan Usung Layar OLED?

Rumor Konsol Penerus Nintendo Switch Meluncur pada 2024, Bukan Usung Layar OLED-Ilustrasi Rumor Konsol Penerus Nintendo Switch Meluncur pada 2024-Situs resmi Nintendo

Radar Jabar – Muncul rumor di pasar dunia teknologi tepatnya untuk konsol gaming Nintendo Switch. Pabrikan game asal Jepang yaitu Nintendo dikabarkan akan merilis konsol baru yang digadang-gadang menjadi penerus Nintendo Switch di tahun 2024.

 

Melansir dari GGWP.ID, rumor tersebut muncul dari VGC sebuah situs berita terpercaya. VGC melalui laporan tulisannya mengabarkan mereka mulai dihubungi oleh beberapa sumber anonim yang punya informasi seputar penerus Nintendo Switch.

 

Sumber-sumber itu mengungkapkan konsol next-gen ini akan meluncur di paruh kedua tahun 2024. Tujuan perilisannya adalah supaya tidak terjadi kekurangan stok seperti yang menimpa PlayStation 5 serta Xbox Series X|S.

 

BACA JUGA:Inikah Jadwal Rilis Nintendo Switch 2? Konsol yang Diklaim Setangguh PS4 & Xbox One

 

Tim VGC hingg saat ini belum mengetahui detail mengenai konsol baru dari Nintendo tersebut. Namun sejumlah sumber menyebut bahwa konsol itu masih akan bisa dimainkan secara portable seperti Nintendo Switch saat ini.

 

Sumber-sumber lainnya pun menjelaskan ‘sang penerus’ Switch bukan mengusung layar OLED melainkan layar LCD karena Nintendo ingin menekan biaya produksi. Tidak berbeda dengan Nintendo Switch, konsol penerusnya tersebut tetap akan ditanamkan slot cartridge untuk memasukkan game secara fisik.

 

Nintendo, sebagaimana mengutip dari Oketechno, sempat berujar ingin mengonversi lebih dari 100 juta pengguna Switch ke konsol next-gen tersebut. Backward compatibility atau kemampuan bermain game pun menjadi salah satu caranya.

 

BACA JUGA:PS5 Spider-Man 2 Edisi Terbatas Dijual Mulai September 2023, Desainnya Bernuansa Symbiote

 

Di lain sisi, banyak publisher game pihak ketiga yang sedikit cemas apabila backward compatibility dapat berdampak pada penjualan judul-judul game konsol next-gen. Sampai tulisan ini naik, belum ada informasi yang jelas seputar kemampuan bermain game di konsol penerusnya.

 

Merilis konsol penerus Switch pada paruh kedua 2024 adalah hal yang masuk akal. Sebagai informasi, Nintendo Switch sudah menginjak usia keenam memasuki tahun 2023 ini. Mulai banyak pula game-game yang telah sulit untuk mereka jalankan.

 

Proyeksi seputar penjualan sistem Nintendo Switch bakal anjlok sampai 16,5% pada 2023. Apabila konsol suksesornya diluncurkan di tahun depan atau 2024, siklus pergantiannya akan sama seperti kompetitornya yakni selama tujuh tahun.

 

BACA JUGA:Konsol Handheld PS5 Sony: Fitur 3D Audio dan Layar OLED 7 Inci untuk Pengalaman Gaming yang Lebih Realistis!

 

Sebelumnya, pengembangan platform anyar Nintendo pun terkendala perihal peraturan baru dari Dewan Uni Eropa yang mendesak semua perangkat menggunakan baterai yang bisa diganti pada 2027. Aturan ini ikut berlaku untuk konsol game genggam macam Switch.

 

Perusahaan bisa meminta pelonggaran dari peraturan itu, namun UE menyebut kerangka waktu 2027 memberikan operator cukup waktu guna menyesuaikan desain produknya dengan persyaratan ini.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: