Kondisi Masinis dan Asisten KA Brantas Semarang Pasca Kecelakaan

Kondisi Masinis dan Asisten KA Brantas Semarang Pasca Kecelakaan

Selasa (18/7) pukul 19.32 WIB telah terjadi temperan antara KA 112 (KA Brantas) relasi Pasar Senen - Blitar dengan Truk Tronton pada JPL 6 Km 1+523 petak jalan Jerakah - Semarang Poncol.--Tangkap layar

SEMARANG - Masinis dan asisten Masinis Kereta Api KA Brantas menjadi sosok yang paling berisiko saat kecelakaan kereta tabrak truk hingga terbakar di Semarang.

Saat kejadian tersebut terjadi, ada sebuah truk trailer yang melintas di depan KA Brantas sebelum kereta tersebut tiba. Insiden ini direkam oleh kamera CCTV dan juga diabadikan dalam video oleh seorang warga setempat.

Sebelum ditabrak oleh KA Brantas, truk panjang berwarna putih tersebut tiba-tiba berhenti di tengah perlintasan sebidang di Semarang karena mengalami kerusakan mesin.

Sopir truk terlihat keluar dari kabin truk dan meminta bantuan dari petugas perlintasan KA. Namun, sebentar setelah itu, KA Brantas melintas dan tabrakan tak dapat dihindarkan.

BACA JUGA:Jalur KA Pasca Insiden Tabrakan Antar Kereta Api dengan Truk Sudah Bisa Diakses

Setelah terjadi ledakan saat KA Brantas menabrak bagian utama truk, terjadi kebakaran yang cukup besar. Namun, beruntungnya, masinis dan asisten masinis berhasil keluar dari kabin kereta tersebut. Bahkan ada video yang menunjukkan masinis KA Brantas keluar dari tengah-tengah kobaran api.

Menurut Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko, kondisi masinis dan asisten masinis KA Brantas telah diperiksa. Untungnya, kedua sosok penting ini tidak mengalami luka yang fatal secara fisik.

"Kalau untuk masinis dan asisten masinis untuk KA Brantas sudah posisi dilakukan pengecekan di pos unit kesehatan, dinyatakan secara fisik alhamdulillah tidak terjadi luka," bebernya.

Namun, saat ini masinis dan asisten masinis KA Brantas mengalami trauma dan memerlukan istirahat. Hal ini dapat dimengerti, mengingat keduanya menyaksikan secara langsung KA Brantas yang mereka kendalikan menabrak truk dan menyebabkan kebakaran.

BACA JUGA:KAI Sterilisasi Jalur Jerakah-Semarang Poncol Pasca Tabrakan Kereta Api dengan Truk

"Secara psiokologis masinis harus istirahat sejenak untuk besok (hari ini) akan dilakukan dimintai keterangan," katanya.

Menurut Hendri, pihaknya belum mengetahui secara pasti bagaimana kedua masinis dan asisten masinis berhasil selamat dalam kecelakaan yang hebat tersebut.

"Kalau posisi pasnya saya belum tahu karena saya hanya menerima laporan saja," katanya lagi.

Ia kembali memastikan bahwa kondisi fisik masinis dan asisten masinis KA Brantas baik-baik saja.

Sumber: