1.567 Asep Akan Hadir di Acara "Silaturasep Sajagat" di Garut

1.567 Asep Akan Hadir di Acara

Asep Jaelani, Wakil Presiden Paguyuban Asep Dunia--ANTARA/HO-Diskominfo Garut

RADAR JABAR - Dalam gelar acara "Silaturasep Sajagat di Garut Kota Intan" sebanyak 1.567 warga bernama "Asep" sudah siap berkumpul dari berbagai wilayah di Indonesia, hingga luar negeri untuk menjalin silaturahim serta menjaga persaudaraan. Acara silaturahmi tersebut diadakan di Garut, tepatnya di SOR RAA Adiwijaya, digelar selama dua hari mulai dari 15 hingga 16 Juli 2023.

"Untuk acara perkupulan Asep ini sudah siap, jumlahnya 1.567 kurang lebih" ujar Asep Jaelani selaku Wakil Presiden Paguyuban Asep Dunia pada Jumat (14/7).

Acara pertemuan nama-nama Asep tersebut merupakan acara silaturahmi dalam rangka menjaga silaturahim sesama nama Asep. Pertemuan ini juga bertujuan untuk menjalin persaudaraan, dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Diketahui sebanyak ribuan peserta bernama Asep yang sudah dikonfirmasi, serta sudah tiba di Garut berasal dari berbagai daerah di Indonesia meliputi Aceh, Kalimantan, Makassar, Banten, Bali, serta beberapa daerah di Indonesia. Tak hanya itu, peserta ada juga yang berasal dari Arab Saudi untuk berkumpul dalam acara tersebut di Garut.

"Yang datang ada dari Kalimantan, Aceh, Makassar, Banten, dari luar juga ada dari Arab Saudi, sekarang sudah di Garut" ujar Asep Jaelani

Ia juga menambahkan bahwa nama Asep merupakan nama khas orang Sunda. Diketahui bahwa nama tersebut sudah tersebar di penjuru Indonesia, bahkan di luar negeri pun juga.

Orang Garut ataupun daerah lainnya yang bernama Asep banyak yang sudah bekerja atau bekerja di luar negeri. Meskipun begitu, kehadiran Asep yang berasal dari luar negeri hanya di konfirmasi dari Arab Saudi, sementara dari negara lain masih belum ada konfirmasi.

"yang baru konfirmasi baru dari Arab Saudi, kebetulan dia orang Garut bekerja di sana, jadi sekalian pulang, kalau dari negara lain belum ada konfirmasi" ujarnya.

Asep Jaelani juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan pertemuan nama-nama Asep yaitu untuk saling megenal satu sama lain. Berawal tidak saling kenal menjadi kenal dan menciptakan persaudaraan.

Selain pertemuan, terdapat juga kegiatan lainnya yang salah satunya pemberian penghargaan bagi Asep serta bakti sosial, yaitu pemberian santunan untuk 210 anak yatim piatu di Garut. Ada juga donor darah, bazar, serta pagelaran budaya di acara tersebut.

"Harapan dari kegiatan ini untuk silaturahmi, sesuai temanya Silaturasep agar tambah dekat, acara ini juga ada kegiatan sosialnya, di antaranya santunan yatim piatu 210 orang" lanjutnya.*

Sumber: antara