Bocoran iPad Pro Layar OLED yang Akan jadi Primadona pada 2024

Bocoran iPad Pro Layar OLED yang Akan jadi Primadona pada 2024

iPad Pro Layar OLED Akan rilis pada 2024-Istimewa-

RADAR JABAR - Apple sedang mempersiapkan peluncuran iPad Pro yang menggunakan layar berbasis Organic Light-Emitting Diode (OLED) yang segera rilis pada tahun 2024. OLED telah menjadi pilihan yang lebih umum dalam perangkat mahal daripada layar IPS.

Keunggulan OLED terletak pada tingkat kontras yang lebih tinggi dibandingkan dengan layar IPS. Hal ini disebabkan oleh kemampuan setiap piksel OLED untuk menyala secara mandiri, sehingga menghasilkan warna hitam yang lebih dalam dan reproduksi warna yang lebih realistis.

Indikasi kehadiran layar OLED pada lini tablet Apple semakin kuat berdasarkan beberapa bocoran yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sedang mengambil keputusan untuk menghadirkan kecanggihan ini.

Meskipun Apple agak lambat dalam mengadopsi layar OLED pada tablet dan PC-nya, ini tidak membuat perusahaan raksasa Amerika Serikat itu tertinggal dari pesaingnya. Menurut laporan yang dikutip dari GSM Arena dan dilansir oleh Antara, Apple hanya menggunakan layar OLED pada dua produknya, yaitu iPhone dan Apple Watch.

BACA JUGA:Samsung Galaxy Tab S9 Punya Spesifikasi Segudang Fitur Canggih, Buat iPad Ketar-Ketir

Namun, mereka berencana untuk menghadirkan layar OLED pada iPad Pro yang akan hadir dalam ukuran 11 inci dan 13 inci. Produksi model ini diperkirakan akan dimulai pada kuartal pertama tahun depan.

Riset juga mengungkapkan bahwa Apple sedang merencanakan penggunaan panel OLED Low Temperature Polycrystalline Oxide (LTPO) suhu rendah, yang merupakan teknologi OLED terkini yang paling canggih.

Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan Apple kemungkinan akan menggunakan layar OLED kelas atas untuk tabletnya. Keputusan ini masuk akal mengingat iPad Pro adalah lini produk premium dari Apple.

Sebelumnya, Apple telah menggunakan panel LCD Mini LED hanya pada beberapa model iPad Pro, menetapkan standar terbaik dalam dunia teknologi layar LCD. Dengan fokus Apple yang selalu pada kualitas tampilan layar, pengguna iPad Pro di masa depan akan mendapatkan pengalaman premium yang lebih baik dengan beralih ke layar OLED.

Layar OLED akan memberikan kontrol cahaya yang lebih baik dan kontras warna yang lebih optimal. Selain itu, penggunaan layar OLED juga memiliki potensi efisiensi daya yang lebih baik, terutama ketika menggunakan kecerahan yang lebih tinggi, karena teknologi LTPO dapat menyesuaikan refresh rate layar secara dinamis.

Selain kabar tentang iPad Pro dengan layar OLED, riset yang sama juga mengungkapkan rencana Apple untuk merilis MacBook dengan layar OLED pada akhir 2024, kecuali jika ada perubahan keputusan dari Apple. Jika ada perubahan tersebut, peluncuran perangkat tersebut mungkin akan tertunda hingga tahun 2027.

Sumber: