Tarif Tol Cisumdawu Gratis Selama 3 Minggu, Simak Ketentuannya

Tarif Tol Cisumdawu Gratis Selama 3 Minggu, Simak Ketentuannya

Tarif Tol Cisumdawu Gratis Selama 3 Minggu, Simak Ketentuan Setelah Diresmikan Jokowi-Istimewa-

RADAR JABAR - Presiden Jokowi dari Republik Indonesia telah meresmikan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) dengan panjang total 61,6 km Pada hari Selasa, tanggal 11 Juli 2023. Berapa tarif tol Cisumdawu? Ternyata gratis selama jangka waktu yang telah ditentukan setelah peresmian.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya bahwa jalan tol Cisumdawu yang telah dibangun selama 12 tahun, mulai dari tahun 2011 hingga 2023. Pemerintah akan memberikan dukungan yang kuat untuk operasionalisasi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

"Kita harapkan dengan beroperasinya jalan tol ini akan mempermudah dan meningkatkan konektivitas menuju ke Bandara Kertajati. Kita harapakan setelah jalan tol selesai, Bandara Kertajati nanti Oktober sudah operasional penuh," kata Presiden Jokowi, Selasa 11 Juli 2023.

Jokowi juga menekankan bahwa saat ini banyak negara lain yang berminat untuk menjalin kemitraan bisnis dan mendukung investasi di Bandara Kertajati.

“Setelah didukung tol Cisumdawu, Kertajati ini adalah masa depan kita. Sekarang sudah mulai banyak keinginan negara-negara luar untuk berpartner di Kertajati untuk meningkatkan traffic atau lalu lintas penerbangan. Kita harapkan akan menjadi bandara besar di masa mendatang," ujarnya.

BACA JUGA:Cisumdawu Siap Diresmikan, Bandung-Cirebon Hanya Perlu Tempuh Jarak 2 Jam, Berikut Harga Tarif Tolnya

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Basuki menyatakan bahwa pembangunan Jalan Tol Cisumdawu dibagi menjadi dua bagian, yaitu sepanjang 28,4 km (Seksi 1 dan Seksi 2) didanai oleh APBN, dan sepanjang 33,2 km (Seksi 3-6) didanai oleh investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

“Dari total nilai konstruksi sebesar Rp18,33 T, sebesar Rp9,26 T merupakan porsi investasi. Sedangkan Rp9,07 T berasal dari APBN sebagai bentuk dukungan Pemerintah. Dengan adanya porsi APBN mendekati 50%,  hal ini dapat menekan tarif tol Cisumdawu,” jelas Basuki.

Setelah diresmikan oleh Presiden Jokowi, tarif jalan tol Cisumdawu akan gratis selama periode 2 hingga 3 minggu.

“Saya minta kepada BUJT untuk melakukan pengecekan akhir kesiapan operasional. Lampu penerangan jalan sudah terpasang, tinggal  membersihkan median. Seperti biasanya, kita bebaskan tarifnya selama 2-3 minggu setelah peresmian, baru kita operasikan,” jelas Menteri Basuki.

Sebelumnya, jalan tol Cisumdawu telah beroperasi dengan Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,45 km) sejak Januari 2022.

Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17,05 km) dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4,05 km) juga telah beroperasi sejak Desember 2022 untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama musim Natal dan Tahun Baru 2022/2023.

Sementara itu, Seksi 4-6 Cimalaka - Dawuan (29,3 km) telah dibuka secara fungsional saat periode mudik Lebaran 2023.

Sumber: