Kereta Api Cepat Mau Perpanjang Jalur Hingga Surabaya

Kereta Api Cepat Mau Perpanjang Jalur Hingga Surabaya

Kereta Api Cepat Mau Perpanjang Jalur Hingga Surabaya--Antara news

RADAR JABAR- Pemerintah kini berencana akan memperpanjang jalur Kereta Cepat hingga ke Surabaya. Rencananya jalur ini akan melewati daerah Yogyakarta.

“Kita akan tetap program (kereta Cepat) sampai Surabaya melewati Yogyakarta,” ujar Direktur Jendral Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal, dalam rapat dengan Komosi V DPR Rau (5/7/2023).

Untuk saat ini Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) baru dari Halim sampai Stasiun  Tegalluar. Risal mengatakan bahwa jarak antara tegalluar ke Kota Bandung berjarak 30 kilometer (KM).

“Dari (Tegalluar) ke Kota Bandung 30”, ujarnya.

Walaupun begitu, pihaknya akan menyediakan feeder dari Stasiun Padalarang ke Kota Bandung. Sehingga, pihaknya mengklaim dengan adanya kereta cepat, waktu tempuh Jakarta ke Bandung hanya sekitar 39 menit.

"Dengan feeder dari Tegalluar dari Padalarang ke Bandung makan waktu 15 menit. Total waktu Jakarta-Bandung 39 menit dengan kereta cepat," tuturnya.

Pada sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menjamin Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) beroperasi pada pertengahan Agustus 2023. Namun operasionalnya masih terbatas di Stasiun Halim, Jakarta Timur dan Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Tahap awal operasional KCJB berlangsung pada Agustus dan September. Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti menyebut KCJB baru beroperasi penuh pada Oktober.

"Jadi Agustus tetap bisa beroperasi dan sampai September, dan dilanjutkan sampai Oktober diharapkan beroperasi secara normal. Jadi Agustus, September itu masa pengenalan," katanya di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Rabu (14/6/2023).

Dengan kata lain, keempat stasiun KCJB yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar akan beroperasi penuh pada bulan Oktober. Emir juga mengatakan bahwa tarif pada Oktober akan berlaku normal.


Sumber: