Erick Thohir Kini Jadi Ketua Komite Wasit PSSI

Erick Thohir Kini Jadi Ketua Komite Wasit PSSI

Erick Thohir Kini Jadi Ketua Komite Wasit PSSI--Antara news

RADAR JABAR- Ketua Umum PSSI yakni Erick Thohir menyatakan bahwa ia akan mempin langsung divisi perwasitan kompetisi sepak bola Indonesia sebagai Ketua Komite Wasit.

“Komite Wasitnya itu dipimpin saya sendiri, supaya tidak ada intervensi nanti. Komite-komite lain yang akan diumumkan kita lagi bicara satu dan lainnya,” ujar Erick pada awak media di Danareksa, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Soal alasan turun tangan, Erick mengungkapkan demi kebaikan sepak bola Indonesia. Ini tak lain karena penugasan dan kepemimponan wasit sangat disorot kinerjanya dalam beberapa tahun terakhir.

“Jadi komite wasit saya pimpin sendiri. Kalau ada yang aneh-aneh kan bisa dihukum seumur hidup langsung. Karena memang komitenya seperti itu kan,” ucap Erick.

Dalam kesempatan tersebut Erick kembali menyinggung soal seumur hidup bagi pelanggar. Tak hanya mendapat hukuman seumur hidup, para pelaku juga akan dibawa ke meja hukum agar dapat hukuman pidana.

“Ketika saya bertemu pak Kapolri, ada dua proseskan, kalau di pihak kepolisisannya berbeda kalau di PSSI dihukum seumur hidup untuk wasit, pemain, pengurus, maupun pemilik klub,” ujarnya.

“Karena kalau Cuma dihukum penjara dua, tiga tahun nanti balik lagi (mengatur sepak bola Indonesia). Tapi kalau (dihukum) seumur hidup gaboleh di bola gatal-gatal itu, ucapnya.

Sebelumnya Komite Wasit dipegang oleh anggota Komite Eksekutif (Exco). Baru kali ini Ketua Umum PSSI turun tangan untuk memegang amanah sebagai Ketua Komite Wasit.

Terkait dugaan adanya prakter suap dalam tes wasit Liga 1 dan Liga 2 beberapa waktu lalu, Erick membantah isu tersebut. Namun ia tidak menutup mata juka memang ada bukti praktek ssuap menyuap.

“Kalau ada kasih saya, nanti saya gigit endiri.karena yang pasti itu sudah ada pengawasan dari Jepang. Tapi kalau ada kasih saya, biar saya gigit. Mumpung kite wasit,” jelas Erick.

Sumber: