Empat Relawan NASA Tinggal di Mars Buatan hingga Setahun

Empat Relawan NASA Tinggal di Mars Buatan hingga Setahun

Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat (NASA) telah memulai percobaan dengan empat relawan yang akan menghabiskan waktu selama satu tahun di fasilitas simulasi kehidupan di Mars.--Sumber Gambar: iStock.com

RADAR JABAR - Badan Ruang Angkasa Amerika Serikat (NASA) telah memulai percobaan dengan empat relawan yang akan menghabiskan waktu selama satu tahun di fasilitas simulasi kehidupan di Mars. Misi ini merupakan bagian dari program jangka panjang NASA untuk mengirim astronot ke planet Mars.

Para relawan telah berkumpul di fasilitas NASA di Texas sejak hari Minggu. Sebelum memasuki fasilitas, keempat relawan mengucapkan selamat tinggal kepada keluarga mereka karena mereka tidak akan dapat bertemu secara fisik selama setahun.

Para relawan NASA terdiri dari ilmuwan peneliti Kelly Haston, insinyur struktural Ross Brockwell, dokter pengobatan darurat Nathan Jones, dan ahli mikrobiologi Angkatan Laut AS Anca Selariu.

Mereka dipilih dari sejumlah pelamar untuk menjadi bagian dari Analog Eksplorasi Kesehatan dan Kinerja Kru NASA (CHAPEA).

NASA menjelaskan bahwa keempat relawan akan tinggal dan bekerja di gedung cetak 3D seluas 160 meter persegi. Gedung ini dilengkapi dengan ruang tamu, empat kamar tidur, kamar mandi, dan kamar.

Di luar gedung, terdapat area seluas 110 meter persegi yang dilapisi dengan pasir merah yang menyerupai permukaan Mars. Para relawan akan menggunakan area tersebut untuk mensimulasikan perjalanan jarak jauh di planet Mars.

Keempat relawan ini akan tinggal di fasilitas tersebut selama sekitar satu tahun sambil melakukan berbagai percobaan. NASA berencana untuk memantau kesehatan mereka dan memanfaatkan data dan pengalaman yang diperoleh dalam misi ini untuk persiapan misi manusia ke Mars di masa depan.

Menariknya, keempat relawan tersebut bukanlah astronot terlatih. "Terima kasih atas dedikasi Anda untuk eksplorasi," ujar Grace Douglas, penyelidik utama misi di NASA, dalam pengarahannya pada hari Minggu, 25 Juni 2023, sebelum mereka memasuki simulasi.

Grace menambahkan, "Harapan terbaik kami ada di pundakmu."

Sumber: