Daging Sapi dan Kambing Lebih Sehat Mana? Berikut Perbandingan Gizi Keduanya

Daging Sapi dan Kambing Lebih Sehat Mana? Berikut Perbandingan Gizi Keduanya

Daging Sapi dan Kambing Lebih Sehat Mana? Berikut Perbandingan Gizi Keduanya-Pixabay-

RADAR JABAR – Saat perayaan Idul Adha tentu kita tidak akan lepas mengonsumsi daging sapi dan kambing. Anda perlu mengetahui lebih sehat mana daging sapi atau kambing.

Baik daging sapi, maupun kambing mempunyai sensai tersendiri saat kita menyantap olahannya. Namun jika mengonsumsinya terlalu banyak, hal itu malah akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Siapapun perlu mengetahui kandungan nutrisi pada daging sapi dan kambing untuk mengetahui yang mana yang lebih sehat.

Tidak perlu ragu mengonsumsinya karena masing-masing mempunyai kandungan gizi yang diperlukan dalam tubuh selama dikonsumsi dalam batas wajar. Daging sapi dan kambing lebih sehat mana? Berikut ulasannya.

Daging Sapi vs Daging Kambing

Lebih sehat mana daging sapi atau kambing? Setiap olahan daging mengandung lemak yang tentu akan meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh, termasuk daging sapi dan kambing.

Kandungan Gizi Daging Sapi

Daging sapi termasuk dalam kategori daging merah, merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan daging yang berasal dari mamalia.

BACA JUGA:10 Bagian Potongan Daging Sapi Paling Lezat dan Olahan Makanan yang Cocok

Daging merah memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam atau ikan, seperti yang dilansir oleh Healthline.

Ketika Hari Raya Kurban tiba, daging sapi sering diproses atau dimasak dengan berbagai metode seperti pemanggangan atau pengasapan, penggorengan, penggilingan, atau pencincangan.

Daging sapi segar yang tanpa lemak memiliki kandungan yang tinggi akan berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama zat besi dan seng.

Karena itu, konsumsi daging sapi dalam jumlah sedang sangat dianjurkan sebagai bagian dari pola makan yang sehat.

Sementara itu, daging kambing atau domba juga termasuk dalam kategori daging merah. Dalam perbandingan dengan daging sapi, daging kambing dianggap sebagai opsi daging merah yang lebih sehat.

Hal ini dikarenakan daging kambing memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang lebih rendah, serta kandungan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging merah atau daging putih lainnya.

Dalam hal nutrisi, baik daging sapi maupun daging kambing mengandung protein dan lemak dalam jumlah yang bervariasi.

Sumber: