Survei Capres LSN: Prabowo Memimpin Sebesar 38,5%

Survei Capres LSN: Prabowo Memimpin Sebesar 38,5%

Survei Capres LSN: Prabowo Memimpin Sebesar 38,5%--Twitter

RADAR JABAR- LSN kini merilis survei tingkat elektabilitas tiga bakal calon presiden (bacapres) yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto.

Hasil dari survei menunjukan Prabowo unggul dengan nilai sebesar 38,5%, sementara predikat kedua di tempati oleh Ganjar sebesar 32,8%, dan prediksi ketiga 21,9%.

Survei digelar selama 24 Mei hingga 3 Juni 2023 di 34 Provinsi. Populasi dari suberi ini berisi seluruh warga negara Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan sudah memiliki KTP.

Survei ini melibatkan sebanyak 1.420 responden, diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis dengan klaim margin error +/-2,6%, dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan atau pedoman kuisioner.

Dalam melakukan pengisian kuisioner, para responden akan diberikan pertanyaan tertutup dengan simulasi terhadap tiga baca[res, yakni Anies, Ganjar, dan Prabowo. Salah satu pertanyaannya adalah ‘Seandainya saat ini dilaksanakan pemilihan Presiden (Pilpres) dan hanya diikuti tiga capres di bawah ini, siapakah yang Anda pilih?’.

Hasil survei menunjukan Prabowo unggul dengan elektabilitas sebesar 38,5%, Ganjar sebesar 32,8%, dan Anies 21,9%.

“Secara umum, secara nasional menunjukan bahwa lambat tapi elektabilitas Prabowo Subianto terus mengalamai kenaikan. Sementara itu, meskipun elektabilitas Ganjar Pranowo sempat anjlok pasca gonjang-ganjing Piala Dunia U-20, namun secara umum cenderung mandek atau stagnan. Sedangkan elektabilitas Anies Baswedan memperlihatkan tren yang terus menurun” Ujar Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara dalam paparan surveinya sevara Online, Minggu (11/6/2023).

Survei ini juga menunjukan peta kekuatan elektabilitas masing-masing bacapres di sembilan provinsi besar di Indonesia. Provinsi tersebut yakni Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Ajwa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan.

Berikut radarjabar.disway.id telah merangkum tingkat elektabilitas masing-masing bacapres di tiap provinsi.

Tingkat elektabilitas masing-masing bacapres di tiap provinsi:

Sumatra Utara

Prabowo Subianto 42,5%

Ganjar Pranowo 40,6%

Anies Baswedan 13,2%

 

Sumatra Selatan

Sumber: