4 Cara Mudah Membuat Daging Kurban Cepat Empuk dengan Bahan Dapur

4 Cara Mudah Membuat Daging Kurban Cepat Empuk dengan Bahan Dapur

Hari Raya Idul Adha diperingati dengan menyembelih dan mengkonsumsi daging kurban.--Sumber gambar : iStock.com

RADAR JABAR- Hari Raya Idul Adha diperingati dengan menyembelih dan mengkonsumsi daging kurban. Biaanya, daging sapi atau kambing meiliki tektur yang  alot Ketika tidak diolah dengan benar. Sehingga terasa keras dan sulit saat di kunyah.

Dengan begitu, pentingnya mengetahui cara mengempukan daging kurban dengan benar. berikut cara yang mudahnya :

1. Daun Pepaya

Daun pepaya mempunyai enzim papain yang mampu membuat tekstur daging jadi lebih empuk. Untuk caranya, remas-remas beberapa helai daun pepaya muda hingga getahnya keluar. Setelah itu, gunakan daun yang berlumuran getah untuk membungkus daging sapi dan diamkan selama kurang lebih atua tau tiga jam.

Cara ini membuat daging kurban lembut dengan daun pepaya dapat dilakukan dengan membungkus daging dengan daun tersebut.

2. Buah Nanas

Buah Nanas udala kenal sebagai bahan untuk mengolah daging menjadi empuk tanpa harus memaknya dalam waktu lama.

Buah Nanas mengandung enzim bromelain yang bisa membantu mengempukkan daging. Ini bisa membantu daging menjadi lebih empuk saat direndam karena melarutkan serat kolagen. 

Caranya cukup haluskan nanas lalu campurkan yang baik pada potongan daging. Diamkan kurang lebih selama 30 menit sampai dua jam sebelum memasaknya. Jangan merendam daging lebih dari 12 jam karena bisa mengubah tekstur daging.

3. Jeruk Lemon

Asam pada jeruk lemon ini dapat membantu tekstur daging menjadi lebih empuk, mirip seperti teknik pada jus buah.

Caranya rendamkan daging dengan air lemon kurang lebih 30 menit ampai 2 jam. Cara ini bisa melunakkan protein yang keras pada daging. Setelah dimarinasi dengan jeruk lemon bilang daging dan siap dimasak.

4. Baking Soda

Baking soda atau Soda kue memiliki sifat antacid yang dapat mentralkan asam yang bisa meningkatkan pH pada permukaan daging dan membuat daging lebih basa serta melunakkan protein.

Caranya balurkan baking soda pada daging, lalu diamkan kurang lebiih 1-3 jam. Teknik ini cocok untuk kamu yang mau membuat sate atau daging lada hitam.

Sumber: