Kampus ITB Kembali Gelar Ajang Duta, 28 Finalis Bersaing Secara Ketat

Kampus ITB Kembali Gelar Ajang Duta, 28 Finalis Bersaing Secara Ketat

Pemilihan duta kampus--

RADARJABAR, BANDUNG - Sebanyak 28 Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) terpilih menjadi finalis Duta Kampus ITB. Para finalis ini akan merebutkan tujuh pasang duta untuk mewakili tujuh kategori.

Duta Kampus ITB 2023 ini merupakan program unggulan yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB yang bertujuan untuk memilih mahasiswa-mahasiswa yang mampu merepresentasikan karakter mahasiswa ITB dan memiliki pengaruh baik bagi massa kampus ataupun pihak luar dengan membawakan nilai-nilai ITB.

“Duta ITB ini nanti akan memberi karakter serta contoh ke pihak luar. Tahun ini ada tujuh kategori duta, masing-masing terdiri dari satu mahasiswa dan satu mahasiswi jadi sepasang," kata Penanggung Jawab Kegiatan Pemilihan Duta Kampus ITB 2023, Hafiz Aziz Ahmad pada konferensi Pers di Auditorium Timur ITB, Rabu 31 Mei 2023 kemarin.

Duta Kampus ITB 2023 membawakan tagline 'Character, Brain, Behavior We're Unstoppable' yang nantinya mereka para duta akan membawa tugas untuk menjadi wajah para pelajar di ITB.

Tentunya tidak mudah untuk memperoleh 14 nama yang mampu membawa nama baik kampus ITB ini. 28 mahasiswa finalis Duta ini harus melewati seleksi, tes CBT, wawancara, campaign challenge, karatina serta  pendalaman materi hingga uji publik sejak bulan Maret sampai 3 Juni 2023 yang akan datang.

Para finalis Duta Kampus ITB ini akan merebutkan tujuh kategori yaitu Duta Multikampus, Duta Intelegensia, Duta Literasi, Duta Persahabatan dan Well Being, Duta Wirausaha, Duta Inspiratif, dan Duta Antar Bangsa. Mereka yang terpilih nantinya punya agenda ketat serta ikut dalam setiap kegiatan ITB.

Di malam puncak nanti, finalis akan diuji skill serta kemampuannya terutama ilmu yang didapatkan saat karatina. Tidak hanya itu, nanti akan ada uji bakat masing-masing finalis.

"Duta ini punya banyak misi. Salah satunya menampilkan karakter mahasiswa ITB yang seperti AIR, yakni Adaptif, Integritas, dan Rendah hati. Semoga ini bisa mendominasi, agar mereka luwes dan punya tata krama yang baik sehingga mampu jadi satu role model yang pantas," imbuhnya

Dikesempatan yang sama, Manager Duta Kampus ITB 2023, Arif mengatakan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, bila sebelumnya dipasangkan dengan mitra kegiatan yang bekerjasama secara internal.

"kemudian mereka juga melakukan promosi kegiatan, memperkenalkan ITB. Intinya kegiatan secara internal banyak terlibat terutama saat kunjungan," kata Arif.

Selain itu, adanya perubahan kategori Duta Kampus ITB dari 2022 lalu, di mana tidak ada lagi kategori  Duta Digital Communication, Duta Sustainability, Duta Social Impact Enterprise, dan Duta Afirmasi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pemilihan Duta Kampus ITB 2023, Nadhifa Azka Aulia menyebutkan bahwa perubahan dan beberapa kategori menyesuaikan dengan misi dari Kampus ITB.

"Perubahan itu menyesuaikan dengan kondisi dan tantangan ITB. Contohnya Duta Wirausaha itu karena ITB butuh wirausaha muda. Perkembangan duta tadi melihat dari evaluasi dan dikembalikan ke depannya seperti apa agar bisa jadi representasi dari kampus. Seperti adanya Duta Inspiratif, bisa jadi role model banyak mahasiswa ITB dengan kisah inspiratifnya," kata Nadhifa.(akmal)

Sumber: