Partai Demokrat Resmi Usung Dede Yusuf Jadi Calon Gubernur Jabar 2023

Partai Demokrat Resmi Usung Dede Yusuf Jadi Calon Gubernur Jabar 2023

Dede Yusuf Jadi Calon Gubernur Jabar 2023-Antara News-tangkap layar Antaranews

RADAR JABAR- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawab Barat telah memutuskan secara sah dan mengusung salah satu Kadernya yaitu  Dede Yusuf sebagai bakal calon Gubernur Jawabarat pada Pilgub 2024.

Ini bukan pertama kalinya Dede Yusuf mencalonkan sebagai Cagub Jabar. Pada pilgub 2023, Dede Yusuf pernah maju sebagai cagub, berpasangan dengan Lex Laksamana. Namun suaranya kalah dari pasangan Ahmad Heryawan dan Dedy Mizwar.

Keputusan itu ditetapkan setelah Partai Demokrat menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Hotel Preanger, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (29/5/2023).

“Hasil Rakerda partai Demokrat menetapkan kang Dede Yusud sebagai calon gubernur dari Partai Demokrat. Koalisi nanti tergantung hasil pileg” ujar ketua DPD Demokrat Jabar Anton Sukartono Suratto.

Selain pengusungam Dede Yusuf sebagai Cagub Jabar, Demokrat Jabar juga sudah menetapkan target suara sebesar 15 persen pada pemilihan anggota legislatif (pileg) DPRD Provinsi dan DPRD Kota/Kabupaten di Jawa Barat.

Anton mengatakan optimis target bisa diaraih. Sebab menurutnya, kini banyak kader Demokrat yang merupakan pindahan dari partai lain masuk.

“Ada 408 dari partai  lain pindah ke Demokrat, jadi sangat optimis bisa meraih suara target 15 persen” ucapnya.

Menghadapi Pilkada Jawa Barat 2024, Anton mengatakan, Partai Demokrat akan menunggu hasil pileg. Ia menjelaskan, hasil pileg akan menentukan apakah Partai Demokrat bisa sendiri mengusung cagub atau mesti berkoalisi dengan partai lain.

“Kalau kita misalnya sudah 20 persen kan enggak perlu pakai partai lain. Tapi, kita lihat hasil pileg nanti. Dan (berharap kader Partai Demokrat) jadi calon gubernurnya, Insya Allah karena kalau jadi wagub (wakil gubernur) sudah pernah,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Dewan Pertimbangan DPP Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengaku optimistis untuk meraih suara dukungan di Provinsi Jabar.

Ia mengatakan, Jabar merupakan daerah strategis untuk mendukung kemenangan secara nasional. “Pak SBY pernah tugas di Bandung. AHY dan Ibas lahir di Bandung. Jadi, Jabar selalu ada di hati,” kata Andi.(*)

Sumber: