Tak Laku, Fitur Stories Youtube Akan Dihapus

Tak Laku, Fitur Stories Youtube Akan Dihapus

Tak Laku, Fitur Stories Youtube Akan Dihapus--

RADAR JABAR- Youtube akan mematikan fitur ‘Stories’ pada 26 Juni 2023 mendatang. Fitur yang mirip dengan Insta Story dan WhatsApp Story ini pertama kali dikenalkan oleh Meta group pada 2018 lalu.

Semua kreator yang sudah memiliki 10.000 subscriber ke atas bisa memanfaatkan fitur Youtube Story untuk membagikan momen dan bisa terhubung dengan audieuns mereka.

Pengumuman soal dihapusnya Youtube Story ini diumumkan melalui laman resmi Google Support.

“Mulai 26 Juni 2023, opsi untuk membuat Youtube Story tak lagi tersedia,” Kata laman tersebut pada jumat (26/5/2023).

Lebih lanjut para kreator yang mengunggah Youtube Stories tepat pada tanggal 26 Juni, masih bisa melihat konten mereka hingga 7 hari ke depan.

Dilansir dari TechCrunch, area fokus Youtube ke depannya adalah fitur Shorts yang memang mulai banyak digunakan oleh para konten kreator. Fitur Shorts sedniri merupakan format video vertikal muilik Youtube yang dsebut meniru konsep milik aplikasi TikTok.

Youtube buisa dibilang sukses dalam memasarkan fitur Shorts ketimbang fitur Story nya. Fitur Short sendiri memiliki 1,5 miliar penonton dalam kurun waktu kurang dari satu tahun sejak diluncurkan oleh Meta Group.

Bersamaan dengan pengumuman Youtube Stories, layanan berbagi video itu juga menawarkan alternatif. Pengguna diminta agar lebih aktif memanfaatkan fitur Shorts dan ‘Community Post’.

“Youtube Communtiy Post adalah opsi terbaik ketika anda ingin memberikan update ke subscriber, memulai obrolan, atau mempromosikan konten,” Jelas pengumuman tersebut.

Youtube Communtiy Post mirip dengan aplikasi Twitter dan Instagram. Disini para pengguna bisa mengunggah foto, teks, polling, kuis, hingga sticker.

Youtube juga akan melakukan pemabaruan dengan penawaran opsi konten selama 24 jam di Communitiy Post. Selain itu, Youtube juga mendorong pengguna untuk mejajal Shorts.

 “Kalau anda ingin membuat video pendek atau menjangkau lebih banyak audiens, Shorts adalah opsi yang tepat,” kata pengumuman tersebut.

Sumber: