Raih Prestasi Internasional, Ijen Geopark Masuk Daftar Global Geopark UNESCO

Raih Prestasi Internasional, Ijen Geopark Masuk Daftar Global Geopark UNESCO

, Ijen Geopark Masuk Daftar Global Geopark UNESCO--tangkap layar Antaranews

RADAR JABAR- Kawah Ijen atau Ijen Geopark kini resmi ditetapkan sebagai anggota UNESCO Global Geopark (UGG). Keputusan ini ditetapkan [ada Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-216 di paris, perancis, Rabu 24 Mei 2023.

“Alhamdulillah setelah melewati berbagai proses dan sidang, akhirnya Ijen Geopark resmi menjadi anggotak UGG. Hal ini berdasarkan surat resmi serta rilis yang diuanggah dalam wesite UNESCO,” ucap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Kamis (25/5/2023).

Ijen Geopark menjadi bagian dari 195 situs UGG yang terbesar di 48 negara. Bersama dengan 18 situs geologi lainnya di dunia yang baru ditetapkan pad atahun ini. Di antaraya adalah Cacapava (Brazil), Lavreotiki (Yunani), Aras (Iran), Hakusan Tedorigawa (Jepang) dan situs lainnya di dunia.

Masuknya Ijen ke dalam daftar tersebut dapat menambah jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sehingga bisa berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat Banyuwangi.

“Semoga dengan ditetapkannya Ijen sebagai UGG ini, semakin menambah kunjungan wisatawan mancanegara ke Banyuwangi. Sehingga akan berdampak pada kesejahteraan dan penguatan kebudayaan masyarakat Banyuwangi,” tambahnya.

Karakteristik atau keunggulan dari situs Ijen Geopark ini adalah keelokan kawasan Gunung Ijen yang mengedepankan tiga komponen pariwisata yakni geologi, biologi, dan budaya.

Pengurus Harian Ijen Geopark (PHIG) Banyuwangi, Abdillah Baraas menyebutkan, pada tahap penilaian lalu Ijen Geopark berhasil mendapatkan nilai tinggi dengan skor 872.

“Meski demikian, kita tetap harus bekerja keras, melakukan pembenahan di berbagai aspek agar status UGG tetap bisa kita pertahankan pad amasa revalidasi 2026 mendatang. Tentu dengan kolaborasi bersama pihak-pihak terkait,” ujar Abdillah.

Upaya untuk mengembangkan dan mempertahankan Ijen UGG, kata Abdillah, harus dilakukan pentahelix. Tidak dapat secara parsial, melainkan harus ada peran dari berbagai pihak.

Perlu diketahui, Ijen terletak di antara dia kabuapten yaitu Kabupaten Banyuwngi dan Kabupaten Bondowoso. Dikutip dari laman UNESCO, Ijen memiliki lanskap vulkanis, formasi geologis yang unik, dan warisan budaya.

Kawasan Ijen Geopark ini terdiri dari Gunung Ijen yang terkena dengan Kawah Ijen yang memiliki fenomena alam yaitu blue fire. Fenomena tersebut terbntuk dari konsentrasi belerang yang tinggi dan suhu melebihi 360 derajat Celsius.(*)

Sumber: