Wajib Dicoba! 5 Cemilan Khas Garut Yang Paling Terkenal

Wajib Dicoba! 5 Cemilan Khas Garut Yang Paling Terkenal

Setap daerah tentu memiliki makanan khas. Berbagai makanan khas tersebut dijual dipasaran dengan rasa dan bentuk yang berbeda. Salah satunya adalah kota di Jawa Barat yaitu Garut.-Comring-Tangkapan Layar

RADAR JABAR- Setap daerah tentu memiliki makanan khas. Berbagai makanan khas tersebut dijual dipasaran dengan rasa dan bentuk yang berbeda. Salah satunya adalah kota di Jawa Barat yaitu Garut. Garut yang dijuluki kota Dodol ini memiliki makanan khas dan legendaris diantaranya yaitu:

1. Emplod

Banyak orang asing mendengar kata tersebut. Emplod merupakan camilan khas Lewo, garut. Awalnya Bernama Endog Lewo, karena bentuknya seperti endog (telur) dan berasal dari daerah Lewo, Garut. Namun, kini orang-orang mengenal camilan ini dengan sebutan Emplod.

Emplod terbuat dari bahan dasar singkong diproses dengan di goreng.  Cemilan ini, lebih nikmat dimakan dengan Mie rebus, Baso, Cuanki, Baso aci atau hanya sekedar camilan sambal nonton TV.

Camilan ini memiliki berbagai varian rasa mulai dari varian asin/original, keju, balado, dan jagung manis.

Emplod juga bisa bertahan lama dan tetap renyah, caranya hanya perlu disimpan ditempat tertutup dan tidak terpapar sinar matahari.

Ingin mencoba cemilan ini? Anda dapat membelinya di marketplate yang anda miliki karena camilan Emplod sudah tersedia lewat aplikasi.

2. Ladu

Ladu disini adalah ladu ketan, bukan Laddu India yah, karena Laddu India dan Ladu malangbong itu beda. ladu ketan adalah makanan khas Malangbong yang pada awalnya dibuat seorang ibu rumah tangga yang terampil membuat berbagai jenis cemilan. Ladu dibuat sebagai kudapan untuk para tamu yang datang ke rumah, terkhusus orang-orang terhormat seperti pejabat di Malangbong.

Ladu khas Malangbong ini terbuat dari bahan kelapa, beras ketan dan gula aren. Bahan-bahan yang digunakan dalam memproduksi ladu merupakan bahan-bahan pilihan yang didapat langsung dari supplier terpercaya dengan seleksi yang sangat ketat. Hal karena bahan-bahan yang digunakan sangat mempengaruhi cita rasa Ladu itu sendiri. Ladu umumnya bertekstur agak kasar bila digigit kenyal.

Ladu ini juga sangat cocok untuk dijadikan camilan atau oleh-oleh. Makanan ini sudah sangat populer di wilayah Malangbong sejak tahun 1930-an.

3. Comring

Comring adalah camilan tradisional yang mempunyai singkatan dari comro/combro garing atau comro kering, yang bahan utamanya adalah singkong.  Seperti emplod comrimg memiliki berbagai varian yaitu asin/original, asin pedas, dan balado.

4. Burayot

Burayot adalah kue yang terbuat dari tepung beras. Burayot konon berasal dari gayot (Sunda) yang artinya menggantung. Kebetulan, bentuk kue ini seperti menggelantung.

Sumber: