Harus Sopan! Berikut Peraturan Ketentuan Pakaian Peserta UTBK

Harus Sopan! Berikut Peraturan Ketentuan Pakaian Peserta UTBK

Harus Sopan! Berikut Peraturan Ketentuan Pakaian Peserta UTBK-Harus Sopan! Berikut Peraturan Ketentuan Pakaian Peserta UTBK-Freepik: @benzoix

 

RADAR JABAR - Ujian Tulis Berbasis Komputer atau disingkat UTBK merupakan salah satu seleksi untuk masuk ke perguran tinggi yang akan dilakukan oleh para calon mahasiswa. Merupakan seleksi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, ada peraturan mengenai ketentuan pakaian pesera UTBK yang pastinya harus sopan.

Pelaksanaan UTBK Gelombang 1 telah mulai dilaksanakan hari ini (8/5) hingga tanggal 14 Mei mendatang. Dan untuk pelaksanaan UTBK Gelombang 2 nya akan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei hingga tanggal 28 Mei mendatang.

Selain mengharuskan peserta untuk fokus dan teliti saat menjalani tes, peserta juga harus mematuhi peraturan mengenai pakaian yang dikenakan saat UTBK. Hal ini karena untuk memberikan kenyamanan bagi para peserta, serta memberikan kesan yang sopan saat UTBK sedang berlangsung.

Berikut, kami akan memberikan rekomendasi pakaian yang cocok serta jenis pakaian yang tidak harus dihindari.

Pakaian yang direkomendasikan

Untuk peserta UTBK, memakai kemeja merupakan salah satu pakaian yang paling aman dan direkomendasikan. Selain memberikan kesan rapih dan sopan, kemeja juga merupakan salah satu pakaian yang cukup nyaman untuk tes UTBK.

Peserta boleh memakai kemeja berlengan panjang ataupun pendek, dan wajib rapih. Tidak ada ketentuan untuk memakai kemeja jenis tertentu, peserta juga boleh menggunakan batik.

Selain itu, peserta juga boleh mengenakan kaos, namun dengan syarat harap menggunakan kaos yang berkerah. Peserta tidak diperkenankan menggunakan kaos yang tidak berkerah.

Peserta perempuan, boleh mengenakan gamis asalkan tidak mengganggu kenyamanan ketika tes UTBK sedang berlangsung. Selain itu, peserta perempuan wajib mengikat rambutnya, dan rambut tidak menyentuh alis ataupun bahu.

Untuk bawahannya, peserta bisa mengenakan celana atau rok berbahan katun yang nyaman dipakai. Selain bahan katun, peserta juga dapat mengenakan celana tau rok yang berbahan kain chino.

Peserta juga diperkenankan menggenakan celana atau rok berbahan denim ataupun jeans, asalkan rapih dan sopan. Namun, lebih baik jangan menggunakan kedua bahan tersebut, karena ada beberapa peraturan yang melarang menggunakan celana atau rok jeans.

Sepatu yang digunakan peserta haruslah tertutup dan tidak terbuka. Peserta direkomendasikan menggunakan sepatu sneakers, jogging, ataupun jenis apapun yang tertutup.

Pakaian yang tidak direkomendasikan

Peserta tidak diperkenankan menggunakan pakaian dengan lengan terbuka yang memperlihatkan bagian bahu. Selain itu, peserta juga tidak diperkenankan menggunakan bawahan atau celana yang terlalu pendek.

Untuk bawahan, peserta tidak diperkenankan menggunakna celana atau rok denim atau jeans yang memiliki robekan. Tidak diperkenankan juga menggunakan riasan berlebih saat pelaksanaan UTBK.

Peserta dilarang mengenakan jaket saat pelaksanaan UTBK sedang berlangsung. Jika mengenakan jaket, peserta harap melepaskan jaket selama tes sedang berlangsung.

Sumber: